JawaPos Radar

Jokowi Ajak Prajurit TNI Berantas Warisan PKI

05/10/2018, 13:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Jokowi Ajak Prajurit TNI Berantas Warisan PKI
Presiden Joko Widodo pimpin HUT TNI ke-73 di Cilangkap. (Desynta Nuraini/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta prajurit TNI memegang teguh sumpahnya. Yakni menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, UUD 1954, dan Bhineka Tunggal Ika.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga harus waspada terhadap ancaman dari luar yang merongrong keutuhan wilayah Indoneia. Begitu pula ancaman dari dalam yang menganggu Pancasila sebagai dasar negara.

Jokowi mengajak TNI untuk melawan ideologi lain yang mengancam ekistensi Pancasila itu. Seperti ideologi komunis.

"Tugas saya adalah bersama-sama saudara dalam menjaga NKRI, Pancasila Undang-Undang Dasar 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, bersama-sama saudara-saudara melawan ideologi lain selain Pancasila, memberantas komunisme dan warisan PKI agar lenyap dari negeri Indonesia selamanya," tegasnya saat memimpin upacara HUT TNI ke -73 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10).

Ikrar TNI itulah yang menjadikan Indonesia tetap kuat menghadapi segala macam tantangan. "Pondasi itulah yang harus dipegang Teguh oleh TNI dan prajurit TNI yang membuat Indonesia kokoh berdiri menghadapi gelombang zaman yang sering bergolak yang memperkokoh Indonesia dalam menghadapi dan memenangi persaingan global," kata Jokowi.

Diketahui, TNI menggelar peringatan hari jadinya yang ke-73 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10). Acara ini diikuti ribuan prajurit TNI.

Bertemakan "Profesionalisme TNI Untuk Rakyat", mengartikan prajurit TNI harus mahir berbasis kompetensi,  harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya didharma baktikan untuk rakyat.

Lalu senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up