JawaPos Radar

Alhamdulillah, Pengungsi Gempa Palu Dapat Distribusi Pakaian Layak

05/10/2018, 10:36 WIB | Editor: Dida Tenola
Alhamdulillah, Pengungsi Gempa Palu Dapat Distribusi Pakaian Layak
Pakaian layak pakai yang dibagikan oleh Kemensos dan Divisi 2 Kostrad. (Pendivisi 2 Kostrad for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Regu Perbekalan Kostrad bersama dengan Posko Kemensos mendistribusikan pakaian bekas untuk para pengungsi di Kelurahan Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah. Pakaian bekas yang masih layak pakai itu disalurkan ke titik-titik pengungsian.

Komandan Regu Perbekalan Satgas Bankes Divif 2 Kostrad Sertu Dedi Irfan Jaya berharap, pendistribusian pakaian bekas layak pakai itu bisa meringankan beban pengungsi. "Hal ini termasuk salah satu upaya preventif yang dilakukan agar para pengungsi tidak terserang penyakit kulit," harap Dedi, Jumat (5/10). 

Dedi menambahkan, selain mendistribusikan pakaian bekas layak pakai, regu perbekalan juga mendirikan dapur lapangan. Setiap harinya, regu perbekalan mendistribusikan logistik berupa makanan dan minuman kepada para pengungsi.

Pengungsi di Kelurahan Balaroa jumlahnya mencapai sekitar 2.200 orang. Mereka merasa terbantu dengan adanya pembagian pakaian bekas layak pakai. Sehingga setiap hari bisa berganti baju. Sebelumnya, kebanyakan para pengungsi itu memang kebingungan untuk mecari pakaian ganti. "Terima kasih untuk bapak-bapak Kostrad, kami sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan. Mulai dari makanan hingga pakaian kami sangat merasa terbantu sekali,"  kata Ahmad salah satu korban di tenda pengungsian sebagaimana disampaikan kepada Dedi.

Divisi 2 Kostrad yang bermarkas di Singosari, Kabupaten Malang sudah mengirimkan bantuan berupa tenaga kesehatan, rumah sakit lapangan dan juga alat untuk mendukung komunikasi. Semua peralatan itu dikirimkan dengan menggunakan pesawat Hercules dari Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang. 

Sementara itu TNI AU juga terus memberikan dukungan untuk para pengungsi dari Palu. Hampir setiap hari selalu ada penerbangan  yang membawa pengungsi keluar dari Kota Kaledo.

 

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up