JawaPos Radar

Jokowi Pimpin HUT TNI ke-73 di Cilangkap

05/10/2018, 10:25 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Jokowi Pimpin HUT TNI ke-73 di Cilangkap
Presiden Joko Widodo pimpin HUT TNI ke-73 di Cilangkap. (Desynta Nuraini/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tentara Nasional Indonesia memperingati hari jadinya yang ke-73 dengan menggelar upacara di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10). Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tak melewati kesempatan ini.

Dia didapuk sebagai pemimpin upacara peringatan HUT TNI ke-73. Berdasarkan pantauan JawaPos.com di lokasi, Jokowi naik ke atas mimbar setelah protokoler membuka acara tersebut.

Setibanya di mimbar, Jokowi menerima laporan dari komandan upacara bahwa peringatan siap untuk dilaksanakan. "Laksanakan," tegas Jokowi yang didampingi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Thajanto, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Tak lama, Jokowi pun menaiki mobil terbuka untuk melakukan pengecekan kesiapan pasukan seluruh matra TNI. Dia tampak gagah berdiri menaiki mobil jeep itu seraya mengecek dengan teliti pasukan yang berbaris di lapangan.

Diketahui, kali ini HUT TNI bertemakan "Profesionalisme TNI Untuk Rakyat". Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah Prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya didharma baktikan untuk rakyat. Yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam upacara itu, ditampilkan beragam alutsista seperti 2 pucuk Meriam Armed Caesar 155 GS, 2 Unit Leopard, 2 Unit Anoa SM 2 dau 2 Unit Anoa 6x6 dari satuan TNI AD, 2 pucuk BTR 4, 2 pucuk RM 70 Grad, 2 pucuk BMP3F dari satuan Marinir, Penangkis serangan udara Oerlikon Skyshield dan satuan TNI AU.

Kegiatan HUT TNI ke-73 ini dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Mendagri Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Selain itu, juga kesatuan dari seluruh matra Darat, Laut dan Udara.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up