JawaPos Radar

Colombia Asia Hospital Gaet Pasien Indonesia Melalui Medical Tourism

05/10/2018, 10:20 WIB | Editor: Dida Tenola
Colombia Asia Hospital Gaet Pasien Indonesia Melalui Medical Tourism
Bangunan Colombia Asia Hospital Iskandar Puteri yang dilengkapi beragam fasilitas. (Bobi/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Kedekatan Johor, Malaysia dengan Batam menjadi peluang tersendiri. Peluang itu dengan jeli ditangkap oleh Colombia Asia Hospital Iskandar Puteri.

Setelah membangun gedung baru dengan kapasitas yang memadai, Colombia Asia Hospital Iskandar Puteri mulai merambah Indonesia. Jaringan rumah sakit yang sudah berdiri sejak tahun 1996 itu mulai mempromosikan layanan kesehatan ke Batam.

Uniknya cara rumah sakit yang sudah berdiri di 12 negeri (provinsi) di Malaysia itu menggandeng agen pariwisata. Melalui medical tourism mereka ikut berpromosi, memperluas jaringan agar semakin dikenal masyarakat Indonesia.

Marketing Executive Colombia Asia Iskandar Puteri Saidatul Fatini menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah bekerja sama dengan Johor Tourism. Mereka memperkenalkan keunggulan rumah sakit yang sengaja dibangun di lingkungan perumahan.

"Bersama Johor Tourism kami beberapa kali mengikuti medical tourism. Kami datang ke Indonesia sekali setakat (sejauh itu, Red), untuk memperkenalkan layanan kesehatan," jelas Saidatul dengan logat Melayu yang kental.

Saidatul menambahkan, sejauh ini baru sekitar 5 persen pasien yang berasal dari Indonesia. Masih belum banyak masyarakat Indonesia, khususnya dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sebab, Colombia Asia Johor ini baru akan menggencarkan promosi setelah fasilitas mereka memadai.

Saat ini, sudah ada sekitar 150 tempat tidur bagi pasien. Sebelumnya hanya ada sekitar 80 tempat tidur yang hanya cukup untuk menampung pengobatan masyarakat lokal.

Ke depan, tidak hanya melalui jalur pariwisata, Saidatul mengatakan akan menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam untuk memudahkan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan terjadi peningkatan jumlah pasien asal Indonesia yang mendapatkan manfaat kesehatan dari rumah sakit tersebut. "Ke depan kite (kami) akan kontak pihak pemerintah di Batam. Sehingga bisa ada kerja sama pengobatan," tambahnya.

Beberapa perawatan unggulan yang bisa didapat, antara lain rawat tulang, jantung, medical check up, dan vaksinasi berbagai jenis virus. Rumah sakit ini memiliki pusat vaksin yang tidak hanya untuk masyarakat lokal, namun juga  pasien asal Indonesia.

Dalam prosesnya, medical tourism ke rumah sakit berisi kegiatan untuk menyaksikan keunggulan fasilitas rumah sakit. Mulai dari jenis kamar, fasilitas alat bantu kesehatan, hingga bertatap muka dengan para dokter.

 

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up