JawaPos Radar

Pemprov DKI: Total Dana Perjalanan Ratna Sarumpaet Rp 70 Juta

05/10/2018, 08:48 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pemprov DKI: Total Dana Perjalanan Ratna Sarumpaet Rp 70 Juta
Aktivis Ratna Sarumpaet diamankan di Bandara Soekarno Hatta (Humas Ditjen Imigrasi)
Share this image

JawaPos.com - Aktivis HAM Ratna Sarumpaet dicekal pergi ke Chili tadi malam karena persoalannya yang sempat gempar di seluruh Indonesia. Dirinya berangkat ke Chili untuk sebuah konferensi yang dibiayai oleh Pemprov DKI Jakarta.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Asiantoro menyatakan bahwa bukan pihaknya yang menyetujui, tetapi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sehingga, sebagai anak buah dirinya hanya memproses saja.

"Jadi gini bukan kita yang nyiapin, kita dapet disposisi dari Gubernur. Prosesnya kita kan menganggarkan, kita cuman merekomendasi ini pantas dibantu kita ajukan ke biro AKAS disanalah yang mengatur biaya-biayanya," tuturnya saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (5/10).

Pemprov DKI: Total Dana Perjalanan Ratna Sarumpaet Rp 70 Juta
Tiket Ratna Sarumpaet ke Chili (Humas Ditjen Imigrasi)

Ketika dikonfirmasi jumlah dana Pemprov DKI Jakarta yang digunakan untuk membiayai perjalanan Ratna, Asiantoro menyebut angka yang cukup fantastis yaitu sekitar Rp 70 juta.

"Sekitar segituan iya Rp 60-70 juta, kan buat tiket bolak balik, akomodasi hotel sama uang saku. Emang sekitar itu, liat zonasinya deh," jelas Asiantoro.

Selain akomodasi perjalanan untuk mewakili Indonesia di konferensi, Ratna juga mendapatkan uang saku. Hal ini diperuntukkan untuk konsumsi maupun keperluan yang dibutuhkan selama ada di luar negeri.

"Bukan buat Ratna doang, semua yang diberangkatkan sama Pemda DKI dikasih uang saku lah, untuk makan. Soalnya cuman 1 kan, dia doang yang diundang," tandasnya.

Asiantoro hanya ingin meluruskan bahwa Pemprov DKI Jakarta menerima pengajuan dana hanya karena Anies mengangap Ratna perlu dibantu. Ratna mengaku pada Anies tidak ada tanggungan biaya dari panitia yang mengundang sehingga perlu dana, maka Pemprov DKI lah yang memberangkatkan.

Sebelumnya diketahui, Pemprov DKI Jakarta membenarkan bahwa keberangkatan seniman Ratna Sarumpaet ke Chili dibiayai oleh APBD DKI. Hal itu sesuai dengan permohonan dari Ratna kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Asiantoro mengatakan, Pemprov DKI pada tanggal 31 Januari 2018 mendapatkan surat permohonan dari Ratna Sarumpaet. Pada suratnya, Ratna meminta untuk difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Chili.

Dalam surat dengan perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa konferensi tersebut adalah kongres tiga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna mengaku sebagai salah satu anggota senior di kongres tersebut. Konferensi tersebut rencananya akan berlangsung dari tanggal 7-12 Oktober mendatang.

(rgm/JPC)

Alur Cerita Berita

Aria Bima: Jangan Ada Sarumpaet Baru 05/10/2018, 08:48 WIB
Polisi Geledah Rumah Ratna Sarumpaet 05/10/2018, 08:48 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up