JawaPos Radar

2 Jam Geledah Rumah Ratna Sarumpaet, Polisi Bawa Sejumlah Barang Bukti

05/10/2018, 08:11 WIB | Editor: Erna Martiyanti
2 Jam Geledah Rumah Ratna Sarumpaet, Polisi Bawa Sejumlah Barang Bukti
Setelah menggeledah rumah Ratna Sarumpaet selama dua jam, polisi membawa sejumlah barang bukti. (Gobang Mahardhika/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pihak kepolisian menggeledah rumah Ratna Sarumpaet selama kurang lebih dua jam. Hampir seluruh isi rumah diperiksa satu-persatu. Beberapa barang pun dibawa untuk dijadikan alat bukti.

Penggeledahan rumah penyebar berita hoax ini dimulai pukul 00.20 setelah polisi menangkapnya di Bandara Soekarno Hatta saat yang bersangkutan hendak terbang ke Chili. Selama penggeledahan Ratan didampingi oleh kuasa hukumnya. Setelah dua jam lamanya penggedahan selesai pukul 02.20.

Kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasaruddin mengungkapkan penggeledahan dilakukan hampir di setiap sudut rumah kliennya. Namun fokus polisi berada di kamar tersangka.

2 Jam Geledah Rumah Ratna Sarumpaet, Polisi Bawa Sejumlah Barang Bukti
Infografis kebohongan Ratna Sarumpaet. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

"Pnggeledahan yang dilakukan oleh penyidik itu hampir semua diseluruh sisi rumah, tapk yang paling difokuskan, kalau saya perhatikan tadi itu lebih kepada kamar ibu Ratna Sarumpaet," kata Insank, Jumat (5/10) usai penggeledahan.

Dari hasil penggeledahan yang dilakukan pihak kepolisian, Insank menuturkan akan beberapa barang yang dibawa sebagai alat bukti. Rumah Ratna sendiri berada di Jalan Kampung Melayu Kecil RT 4 RW 11, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

"Kemudian yang dibawa ada Laptop, beberapa kartu ATM, buku tabungan kemudian barang-barang lain lah. Yang menurut penyidik ada kaitan dengan perkara pidananya," jelas pria bersuara sangau itu.

Sebelumnya diberitakan polisi mengamankan Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno-Hatta, malam ini. Dia diamankan saat hendak bertolak ke Chili. Ratna juga sudah ditetapkan sebagai ternsangka atas kasus penyebaran berita bohong atau hoax yang dikarangnya sendiri.

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian mengatakan alasan penangkapan Ratna lantaran aktivis itu akan menjalani pemeriksaan atas kasus hoax penganiayaan. Rencananya, dia diperiksa pada awal pekan depan.

Namun sayangnya, Ratna tidak memberi konfirmasi atas rencananya akan pergi ke Chili. "Tidak ada konfirmasi dia malah pergi ke luar negeri," tukas Jerry.

Sementara itu, pihak imigrasi mengaku mengeluarkan surat pencegahan Ratna hari ini atas permintaan Polda Metro Jaya. "Jadi hari ini sudah diterima surat permohonan pencegahan keberangkatan ke luar negeri atas nama Ibu Ratna Sarumpaet," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Agung Sampurno.

Pencegahan terhadap Ratna dilakukan hingga 20 hari ke depan. "Permohonan ini untuk mencegah keberangkatan mulai hari ini sampai 20 hari ke depan," kata dia.

(dik/JPC)

Alur Cerita Berita

Aria Bima: Jangan Ada Sarumpaet Baru 05/10/2018, 08:11 WIB
Polisi Geledah Rumah Ratna Sarumpaet 05/10/2018, 08:11 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up