JawaPos Radar

Buya Syafii: Pemimpin Muda Harus Pahami Sejarah Indonesia

05/10/2018, 04:11 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Buya Syafii: Pemimpin Muda Harus Pahami Sejarah Indonesia
Buya Syafii Maarif (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Calon pemimpin muda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang sejarah Indonesia. Sebab, dengan mempelajari sejarah akan banyak mendapatkan nilai-nilai positif.

Anggota Dewan Etik Hakim Konstitusi Buya Ahmad Syafii Maarif mengatakan, memahami sejarah Indonesia dapat menumbuhkan rasa cinta yang dalam terhadap tanah air.

"Sehingga dapat bergerak seirama,” kata Buya Syafii dalam acara dialog pemimpin muda yang digelar Kader Bangsa angkatan 8, Kamis (4/10).

Dia menambahkan, masalah yang dihadapi Indonesia saat ini membuat nilai wawasan kebangsaan terkikis. Seperti masalah perilaku tidak bermoral dan koruptif.

“Masalah ini harus bisa diatasi lewat hadirnya sosok negarawan. Maka jadilah pemimpin yang berkarakter dengan mengembangkan profesi menjadi negarawan,” kata ujar mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah itu.

Buya menuturkan, bangsa Indonesia bisa bertahan hingga ribuan tahun jika dari kader partai politik muncul negarawan dalam semua bidang. Baik tingkat desa maupun nasional. Ada perbedaan mendasar antara politikus dan negarawan.

“Seringkali banyak politikus kita yang berfikir politik sebagai mata pencaharian, sehingga mengikuti kebutuhan jangka pendek dan pragmatis. Sedangkan negarawan adalah sosok yang memikirkan bangsa dan negara untuk ribuan tahun mendatang,” tegas Buya.

Selain Buya, dia hari keempat program Kader Bangsa angkatan 8 turut hadir juga Ketua KPUD Jakarta 2012-2013 Dahlia Umar dan Anggota Bawaslu RI 2012-2017 Daniel Zuchron.

Keduanya memberikan pemaparan tentang membangun relawan dan saksi dalam pemilihan serentak tahun 2019 mendatang.

(yuz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up