JawaPos Radar

Pemprov DKI Benarkan Ratna Sarumpaet Ke Chili Atas Persetujuan Anies

05/10/2018, 00:57 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Pemprov DKI Benarkan Ratna Sarumpaet Ke Chili Atas Persetujuan Anies
Beredar disposisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diduga untuk pembiayaan Ratna Sarumpaet ke Chili. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Pemprov DKI Jakarta membenarkan bahwa keberangkatan seniman Ratna Sarumpaet ke Chili dibiayai oleh APBD DKI. Hal itu sesuai dengan permohonan dari Ratna kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, Pemprov DKI pada tanggal 31 Januari 2018 mendapatkan surat permohonan dari Ratna Sarumpaet. Pada suratnya, Ratna meminta untuk difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playwrights International Conference 2018 di Santiago, Chili.

Dalam surat dengan perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa konferensi tersebut adalah kongres tiga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna mengaku sebagai salah satu anggota senior di kongres tersebut. Konferensi tersebut rencananya akan berlangsung dari tanggal 7-12 Oktober mendatang.

Pemprov DKI Benarkan Ratna Sarumpaet Ke Chili Atas Persetujuan Anies
Infografis kasus Ratna Sarumpaet. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

“Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI,” ujar Asiantoro dalam keterangan pers yang diterima JawaPos.com, Kamis (4/10) malam.

Letter of Invitation tersebut dikirimkan ke Ratna tertanggal 17 Oktober 2017. Dalam suratnya, panitia penyelenggara mengundang Ratna sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalamannya kepada para peserta, serta mengikuti berbagai kegiatan lainnya.

Surat permohonan tersebut kemudian diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 Februari 2018. Kemudian surat tersebut didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” tambahnya.

Dirinya kemudian mendisposisikan surat tersebut ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya. Kemudian ditindaklanjuti dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) dikarenakan biaya perjalanan dinas merupakan tupoksi Biro ASD.

“Dinas Parbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playwrights International. Dan dijadwalkan bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018,” terangnya.

Nama Ratna sendiri sudah tercantum di Instagram Women Playrights International (WPI) yakni di instagram.com/wpichile2018. Pada posting-an tertanggal 10 April 2018, nama Ratna sudah termasuk dalam salah satu pembicara di konferensi tersebut.

Seperti diketahui, polisi mengamankan Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno-Hatta, malam ini. Dia diamankan saat hendak bertolak ke Chili.

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian mengatakan alasan penangkapan Ratna lantaran aktivis itu akan menjalani pemeriksaan atas kasus hoax penganiayaan. Rencananya, dia diperiksa pada awal pekan depan.

"Kita buat panggilan Senin 8 Oktober 2018," ujarnya saat dihubungi, Kamis (4/10).

(ce1/ern/JPC)

Alur Cerita Berita

Aria Bima: Jangan Ada Sarumpaet Baru 05/10/2018, 00:57 WIB
Polisi Geledah Rumah Ratna Sarumpaet 05/10/2018, 00:57 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up