JawaPos Radar

Beredar Proposal Ratna Sarumpaet ke Chili Atas Persetujuan Anies

05/10/2018, 00:20 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Beredar Proposal Ratna Sarumpaet ke Chili Atas Persetujuan Anies
Beredar disposisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diduga untuk pembiayaan Ratna Sarumpaet ke Chili. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Polda Metro Jaya mengamankan aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno-Hatta, pada Kamis (4/10) malam. Saat itu Ratna hendak ke Chili untuk menghadiri acara The 11th Women Playwrights Conference di Santiago.

Keberangkatannya tersebut ternyata benar menggunakan biaya dari Pemprov DKI Jakarta. Hal itu diketahui dari dokumen yang diterima JawaPos.com dari salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya.

Dari dokumen itu, terlihat Ratna mengajukan surat ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 31 Januari lalu. Ratna meminta permohonan sponsor dari Pemprov DKI Jakarta untuk keberangkatannya.

Beredar Proposal Ratna Sarumpaet ke Chili Atas Persetujuan Anies
Infografis kasus Ratna Sarumpaet. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Berikut isi surat yang ditulis Ratna kepada Anies:

Dengan Hormat,
Semoga dalam menjalankan tugas Bapak sebagai pimpinan pemerintah di DKI Jakarta, Bapak selalu dalam keadaan sehat, baik pikiran maupun jasmani.

Bersama surat ini saya melampirkan sebuah surat undangan (untuk saya) dari "The 11th Women Playwrights Conference 2018" di Santiago, Chili. Women Playwrights Conference adalah kongres tiga tahunan yang digelar secara bergantian di berbagai negara. Saya salah satu anggota senior di kongres ini. Pada tahun 1997, ketika saya dipenjara rezim Orba, para anggota conference inilah yang secara Internasional menggerakkan tekanan pada Presiden Soeharto untuk membebaskan saya.

Bapak Anies yang saya hormati. Ketika saya memimpin Dewan Kesenian Jakarta, menyadari langkanya "perempuan penulis drama" di Indonesia, saya memperjuangkan kongres ini di Indonesia dan berhasil. Bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2007 "The 7th Women Playwrights Conference" berhasil dilangsungkan di Indonesia (Jakarta & Bali). Itu mungkin yang mendorong saya memberanikan meminta kesediaan Bapak mempertimbangkan kemungkinan Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi kehadiran saya di Chili, Oktober nanti. Demikianlah surat ini saya buat.
Atas perhatiannya terima kasih banyak.

Bersama surat tersebut Ratna menyertakan lampiran undangan dari The 11th Women Playwrights Conference 2018. Acara berlangsung dari tanggal 7-12 Oktober mendatang.

Sementara itu, masih dari dokumen yang diterima JawaPos.com, terdapat disposisi dari Anies Baswedan yang ditandatangani pada tanggal 19 Februari. Dalam disposisi tersebut Anies menulis "fasilitasi dan dukung". Disposisi itu ditujukan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Sebelumnya, Bangi yang merupakan sopir pribadi Ratna Sarumpaet menuturkan, malam ini memang Ratna Sarumpaet hendak melakukan perjalanan ke luar negeri, yakni Chili. Karena jadwal dia ke luar negeri sudah dari jauh-jauh hari dipersiapkan.

"Ke Chili. ‎Iya memang undangan sudah lama dibiayai Pemprov DKI, sudah dari jauh-jauh hari. Sudah dari 7 bulan yang lalu," katanya.

Lebih lanjut Bangi mengaku, Ratna Sarumpaet ke Chili untuk memenuhi undangan kegiatan budayawan. "Ada undangan seniman dan budayawan kayaknya," katanya.

Seperti diketahui Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambuna‎n membenarkan aktivis Ratna Sarumpaet diamankan di Bandara Soekarno-Hatta, malam ini. Dia dicegah untuk bepergian ke luar negeri.

"Kalau saya di Polresta Bandara ini memang menerima surat pencegahan. Benar sekarang sedang dalam proses pencegahan," ujarnya saat duhubungi JawaPos.com, Kamis (4/10).

(ce1/ern/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up