JawaPos Radar

Jasa Marga Perkenalkan Peran Tol Mapan ke Mahasiswa

04/10/2018, 21:31 WIB | Editor: Dida Tenola
Jasa Marga Perkenalkan Peran Tol Mapan ke Mahasiswa
Puluhan mahasiswa dari UB dan ITS saat kunjungan ke Tol Mapan (Jasa Marga for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Sebanyak 41 mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, mengunjungi Tol Malang-Pandaan (Mapan), Kamis (4/10). Kunjungan ini dalam rangka mengenalkan peran jalan tol Mapan. 

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo, menjelaskan, jalan Tol Mapan terdiri dari lima seksi pembangunan. Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,47 km. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km; Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km.

Selanjutnya seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km. Jadi, total panjang jalan tol ini adalah 38,488 km. 

Dalam paparannya, Agus menyampaikan, sampai akhir bulan September, pengerjaan konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1 mencapai 87,16 persen; seksi 2, 63,11 persen; untuk seksi 3, 75,18 persen; seksi 4, 47,53 persen; dan seksi 5, 23,11 persen.

Selain itu, pengadaaan lahan mencapai lebih dari 90 persen dari total keseluruhan lahan. Ia yakin, dalam waktu tidak lama jalan tol ini akan beroperasi. "Seksi 1 sampai 3 ditargetkan tahap konstruksi selesai awal Desember tahun ini dan dapat beroperasi pada Januari Tahun 2019," ujarnya.

Dia menambahkan, setelah beroperasi nanti, Jalan Tol Mapan akan membawa dampak ekonomi tak hanya bagi pengguna jalan tol itu sendiri. Namun juga lingkungan sekitar. "Kalau sekarang dari Surabaya ingin ke Batu untuk liburan bisa memakan waktu lima sampai enam jam di saat liburan. Nanti, setelah lewat tol mungkin tidak sampai satu jam dengan kecepatan rata-rata 100 km per jam," jelasnya.

Bukan tak mungkin, tambahnya, makin nyamannya para wisatawan yang ke Batu, maka makin lama juga mereka menikmati masa liburannya. Ini berarti potensi pendapatan pelaku UKM dan kuliner di sekitar daerah wisata tersebut akan meningkat pula, termasuk pelaku usaha penginapan.

Para mahasiswa ITS dan UB yang mengunjungi Jalan Tol Mapan berasal dari berbagai fakultas. Kegiatan ini merupakan bagian dari perhelatan IBDexpo di Surabaya yang berlangsung pada tanggal 3 hingga 6 Oktober 2018. "Kesan-kesanku ikut acara BUMN ini asyik. Banyak konten yang bermanfaat. Apalagi saya sudah di semester terakhir sehingga menambah wawasan untuk memasuki dunia kerja," ujar Widya, mahasiswi Jurusan Teknik Industri ITS yang turut berkunjung ke Jalan Tol.

 

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up