JawaPos Radar

Tempat Penyimpanan Motor Curian Digerebek, 3 Begal Dibekuk

04/10/2018, 21:00 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Tempat Penyimpanan Motor Curian Digerebek, 3 Begal Dibekuk
Tiga tersangka saat diamankan Polresta Palembang (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Salah satu rumah yang berada di Jalan Belabak, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II, Palembang, Sumsel digrebek jajaran Unit Intelkam Polresta Palembang, Kamis (4/10). Rumah tersebut diduga sebagai tempat penyimpanan motor hasil curian.

Dari penggerebekan tersebut polisi mendapati tiga pemuda yakni UW, 18, DR, 18, dan Junaidi, 20, tengah asik melepaskan satu per satu bagian motor hasil curian tersebut.

Ketiga pemuda tersebut akhirnya dibawa ke Polresta Palembang untuk dimintai keterangan.

Kanit Intelkam Polresta Palembang, Ipda Suratman mengatakan dari hasil pemeriksaan bahwa mereka ini telah melancarkan aksinya mencuri motor sebanyak 13 kali di lokasi yang berbeda dan berhasil membawa 9 motor korban.

"Sembilan motor ini kemudian dibongkar dan sparepartnya baru dijual," katanya saat ditemui, Kamis (4/10).

Penjualan sparepart ini bukan dilakukan di Kota Palembang melainkan diluar Palembang. Hal ini tujuannya untuk menghindari petugas polisi.

Dari hasil penggerebekan tersebut, pihaknya berhasil menyita kunci letter T yang digunakan ketiga tersangka untuk beraksi.

"Kami juga menyita beberapa unit sparepart hasil motor curian," terangnya.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. "Itu ancaman pidana penjara selama 5 tahun," tutupnya.

Sementara itu, tersangka UW mengatakan dalam beraksi, ia bersama dua rekannya berbagi peran yakni pengintai, dan eksekusi motor. Peran ini dilakukan secara bergantian tergantung dari kondisi.

Kemudian, sparepart hasil membongkar motor curian ini dijual seharga Rp 2 juta. Kemudian, baru dibagi kepada dua rekannya.

"Kami biasanya menjual sparepart ini dengan tetangga saya," singkatnya. 

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up