JawaPos Radar

Jelang Pilpres dan Pileg, Empat Lawang dan Muara Enim Jadi Sorotan

04/10/2018, 20:23 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Jelang Pilpres dan Pileg, Empat Lawang dan Muara Enim Jadi Sorotan
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kabupaten Empat Lawang dan Muara Enim, Sumsel menjadi sorotan kepolisian menjelang perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Kedua kabupaten tersebut dinilai memiliki tingkat konfliknya cukup tinggi.

Terlihat dari Pilkada 2018 lalu yang sempat terjadi bentrok dan lain sebagainya.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengakui jika kedua daerah ini rawan terjadinya konflik. Hal ini terlihat pada Pilkada 2018 lalu. Karena itu, pihaknya saat ini telah bergerak dan berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk menekan potensi terjadinya konflik tersebut.

"Saat ini kami telah membentuk beberapa satgas seperti satgas nusantara hingga satgas yang bertugas memberantas berita hoax," katanya saat ditemui, Kamis (4/10).

Saat ini, tim yang diterjunkan dalam pengamanan Pileg dan Pilpres ini sebanyak 7.080 anggota. Nantinya, anggota ini disebar di setiap TPS dengan dibantu oleh TNI dan lain sebagainya.

Untuk jumlah TPS dalam Pilpres dan Pileg ini yaitu sebanyak 25.222 TPS. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

"Total dana yang dikucurkan untuk Polda dalam pengaman yaitu sebanyak Rp 9,9 miliar," ujarnya. 

Selain membentuk tim, ia juga berharap peran aktif dari seluruh instansi baik parpol, caleg, timses dan lain sebagainya untuk mewujudkan pemilu yang kondusif, aman dan tentram terutama di Sumsel.

"Kami berharap Pilpres dan Pileg 2019 mendatang aman, kondusif dan berjalan dengan lancar," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up