JawaPos Radar

Puspitek Gandeng Sinar Mas Land Bangun Pusat Riset GIPTI di Serpong

04/10/2018, 20:07 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Puspitek Gandeng Sinar Mas Land Bangun Pusat Riset GIPTI di Serpong
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir bersama Managing Director President Office Sinar Mas Land Donny Rahayu dan petinggi Sinar Mas Land di Groundbreaking GIPTI di Serpong, Kamis (4/10). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Serpong bekerja sama dengan Sinar Mas Land membangun Geleri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City di Kabupaten Serpong, Provinsi Banten.

Di atas lahan seluas 15 hektare, GIPTI diharapkan mampu berkembang menjadi show case kemajuan inovasi dan terapan teknologi terkini serta edukasi masyarakat di bidang Iptek.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir mengungkapkan bahwa pengembangan GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis.

"Saat ini, kita coba kembali menghidupkan konsep tersebut," ujar Muhammad Nasir dalam acara Groundbreaking GIPTI di Serpong Jakarta, Kamis (4/10).

Pengembangan GIPTI tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun dikembangkan sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional berbasis teknologi.

Christopher Siswanto Adisaputro, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land berharap kolaborasi Sinar Mas Land dengan PUSPITEK ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city.

"BSD City kini tengah menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi ‘Silicon Valley’ di Indonesia," kata Christopher.

Kehadiran GIPTI, katanya, akan memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub.
Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (GIPTI) berlokasi di area BSD City seluas sekitar 15 hektare yang didukung dengan kemudahan akses transportasi.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Donny Rahayu mengatakan pengembangan GIPTI diharapkan tuntas pada Juni 2019.  "Total lahan yang dikembangkan seluas 15 hektare. Kita telah mulai menyiapkan infrastruktur sejak Juni 2018. Kita berharap pembangunan dapat tuntas dalam setahun," pungkasnya.

(ask/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up