JawaPos Radar

Agum Gemelar Minta Pendukung Kedua Capres Tak Saling Menghancurkan

04/10/2018, 19:33 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Agum Gemelar Minta Pendukung Kedua Capres Tak Saling Menghancurkan
Ketua Umum Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar saat melantik pengurus Pepabri Sumbar di aula Kantor Gubernur, Rabu (3/10). (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Para pendukung calon presiden (capres) diminta tidak mengganggap calon lain sebagai lawan yang harus dihancurkan. Sebutan "lawan" dalam pesta demokrasi lima tahunan dikhawatirkan membuat permusuhan yang berujung perpecahan di tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri) Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar ketika menghadiri pelantikan pengurus Pepabri Sumbar di aula Kantor Gubernur, Rabu (3/10).

"Kita minta kedewasaaan pendukung dan masyarakat. Jangan menganggap calon lain dan pendukungnya sebagai musuh. Anggaplah rival dalam kompetisi. Usai pemilihan, semuanya mesti kembali bersatu mendukung yang menang. Inilah bentuk kedewasaan. Jangan rusak negara dengan bibit-bibit permusuhan," kata Agum Gumelar.

Saat ini, terang mantan ketua PSSI itu, Indonesia telah berada dalam demokrasi yang penuh kebebasan. Namun, semuanya harus disikapi dengan sikap kedewasaan. Kebebasan jangan sampai kelewatan yang bisa menimbulkan disintegrasi bangsa kepada perpecahan.

"Kita harus bersyukur. Kalau dulu mengkritik pemerintah saja kita dilarang. Sekarang semuanya sudah demokrasi. Bisa bicara, tapi harus dewasa. Kebebasan ini harus disyukuri bukan dibablaskan," terangnya.

Bentuk kebablasan itu terlihat dari banyak berita bohong alias hoaks. Berita-berita saling hujat lahir kehadapan masyarakat melalui media sosial (medsos).

"Ini yang harus diwaspadai. Masyarakat harus menyaring informasi. Jangan ditelan mentah-mentah. Sebab hal itu belum tentu kebenarannya dan bahkan mengandung unsur kebencian yang merusak persatuan dan kesatuan," katanya.

Dalam Pemilu mendatang, Agum mengatakan Pepabri adalah organisasi netral dan tidak memihak salah satu calon. Pihaknya menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada masing-masing anggota.

"Secara organisasi, saya tegaskan Pepabri tidak mendukung salah satu calon tertentu. Namun anggota kita persilahkan secara individu menentukan pilihannya masing-masing," ujarnya.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up