JawaPos Radar

Prajurit Kostrad Panjat Tower BMKG Pulihkan Komunikasi di Sulteng

04/10/2018, 19:22 WIB | Editor: Budi Warsito
Prajurit Kostrad Panjat Tower BMKG Pulihkan Komunikasi di Sulteng
Anggota Divisi 2 Kostrad memasang alat untuk memperlancar komunikasi di kawasan bencana. (Dok. Divisi 2 Kostrad)
Share this image

JawaPos.com - Akses komunikasi menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi di lokasi bencana Palu, Sulawesi Tengah. Hal ini dikarenakan, tower BTS di wilayah Palu rusak dan mati total. Akibatnya, komunikasi pun lumpuh.

Untuk memeperlancar komunikasi, Detasemen Perhubungan Divisi 2 Kostrad yang bermarkas di Kabupaten Malang, dikirimkan ke lokasi bencana. Prajurit TNI itu diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU yang take off dari Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Mereka pun membawa serta seperangkat alat dukungan komunikasi Denhub Divisi 2 Kostrad. Dengan cepat dan sigap regu perhubungan mendirikan instalasi komunikasi. Mereka memanjat tiang milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat. Tujuannya, memasang alat dukungan komunikasi dan Instalasi Repeater.

"Pemasangan antena kami pasang di tiang milik BMKG di daerah bencana. Selain itu, regu perhubungan juga memasang Repeater untuk mendukung jalanya komunikasi di daerah bencana," kata Kapten Chb Imam, pimpinan Regu Perhubungan, Kamis (4/10).

Setelah dua jam pemasangan, alat komunikasi berupa handy talkie yang sudah dibawa dapat digunakan. Alat ini segera didistribusikan kepada seluruh unsur Satgas.

"Dengan begini lebih mudah dalam koordinasi antar unsur Satgas. Sehingga memaksimalkan dalam menolong para korban atau pengungsi disini," kata dia.

Di tempat lain, Danyonkes 2 Kostrad, Letnan Kolonel dr Djeffri Federik Longdong SpAn MKes sebagai Komandan Satuan Tugas menyampaikan, dengan bergabungnya regu perhubungan, kendala komunikasi saat ini sudah teratasi.

"Sehingga koordinasi untuk melaksanakan evakuasi korban saat ini dapat berjalan," katanya.

Sebelumnya, Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Marga Taufiq mengirimkan regu perhubungan ke daerah bencana alam untuk mendukung bergabung dengan Yonkes 2 Kostrad.

"Komunkasi di daerah bencana saat ini lumpuh total. Oleh sebab itu, saya mengirimkan satu regu dari Detasemen Perhubungan Divif 2 Kostrad untuk bergabung dengan Yonkes 2 Kostrad," kata Taufiq.

(tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Kelangkaan BBM Mulai Teratasi 04/10/2018, 19:22 WIB
Akses ke Palu Makin Mudah 04/10/2018, 19:22 WIB
Pasar Manonda Palu Kembali Bergeliat 04/10/2018, 19:22 WIB
Jokowi Kerahkan Psikolog ke Sulteng 04/10/2018, 19:22 WIB
Gempa Sulteng, 2.736 Sekolah Rusak 04/10/2018, 19:22 WIB
TNI Kirim Tiga Pesawat ke Palu 04/10/2018, 19:22 WIB
TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng 04/10/2018, 19:22 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up