JawaPos Radar

Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari, Gratis Perpanjang SIM Tiga Hari

04/10/2018, 18:54 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari, Gratis Perpanjang SIM Tiga Hari
Ilustrasi: Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari, selama tiga hari perpanjangan SIM digratiskan. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari, Pengurus Pusat Bhayangkari Mabes Polri memberikan pelayanan perpanjangan SIM C dan A secara gratis kepada masyarakat. Layanan perpanjangan SIM gratis tersebut hanya berlaku sejak tanggal Selasa (2/10) hingga Kamis (4/10) ini.

Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar menyampaikan, layanan SIM gratis adalah kado spesial kepada masyarakat pengendara untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) Ke-66 Mabes Polri.

"Perpanjangan SIM gratis ini bagian dari meramaikan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) Ke-66. Selama tiga hari ini digratiskan. Tapi bagi mereka yang punya voucher saja," ujarnya, Kamis (4/10).

Fahri menjelaskan, layanan perpanjangan SIM gratis tersebut diperuntukkan bagi pemegang voucher yang sudah dibagikan beberapa pekan sebelumnya. Bagi yang sudah memiliki voucher cukup membawa KTP dan voucher lalu mendatangi layanan perpanjangan SIM.

Menurutnya, selama ini untuk membuat SIM baru maupun perpanjang, pemohon akan dikenakan sejumlah biaya. Melalui pemberian layanan gratis tersebut, ia pun berharap masyarakat terlibat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan berkendara.

Selain itu, pengendara taat membawa kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK saat berlalu lintas.

"Kami berharap tingkat kesadaran masyarakat manaati peraturan lalu lintas, bukan karena ada polisi. Tapi, kesadaran untuk keselamatan dirinya sendiri," kata dia.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up