JawaPos Radar

Anak Krakatau Meletus 156 Kali, BNPB: Masih Aman

04/10/2018, 18:53 WIB | Editor: Imam Solehudin
Anak Gunung Krakatau
Anak Gunung Krakatau. BNPB memastikan jika letusan Anak Gunung Krakatau tak berbahaya. (Dok.JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Anak Gunung Krakatau masih terus mengeluarkan lava pijar setiap harinya. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut letusan tersebut sesuatu yang wajar.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, skala letusan gunung tersebut masih tergolong kecil. Dengna kata lain tidak berbahaya bagi masyarakat.

“Anak Gunung Krakatau tadi meletus, hampir tiap hari sejak Mei. Tapi nggak bahaya, karena letusannya kecil. Dia masih bocah. Supaya tumbuh besar (meletus), tumbuh menjulang,” ujar di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (4/10).

Dijelaskan Sutopo, gunung tersebut meletus ratusan kali dalam sehari. Durasinya antara 29 sampai 305 detik, dengan amplitudo 30 sampai 51 mm.

Dia memastikan, tidak akan ada letusan besar yang akan berdampak buruk. “Meletus-letus dalam sehari 156 kali. Dia tidak akan letusan besar. Dia meletus untuk tumbuh, gunung meletuskan diri untuk tumbuh besar,” tegasnya.

Sutopo menambahkan, suara letusan gunung berapi berketinggian 338 meter dari permukaan laut (MDPL) itu memang cukup mencekam. Sekalipun memang tetap aman selama tidak mendekati kawasan dalam radius 2 kilometer dari kawah.

“Tidak perlu takut, tetap tenang, asal mereka berada di luar radius 2 kilometer,” pungkasnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up