JawaPos Radar

1,5 Ton Rendang untuk Palu Mendarat di Halim Perdana Kusuma

04/10/2018, 19:20 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Nasrul Abit
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat meninjau bantuan rendang di Sekretariat BPBD Sumbar, Rabu (3/10) (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menghimpun bantuan rendang untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Selain rendang sebanyak 1,5 ton, Pemprov juga menyediakan donasi uang Rp 1 miliar.

Perinciannya, Rp 500 miliar dari Pemprov dan Rp 500 miliar bersumber dari Baznas Sumbar. Rendang tersebut sudah diterbangkan dari Ranah Minang ke Jakarta, Kamis (4/10) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur mengatakan, ia bersama 6 petugas lainnya yang diutus Pemprov untuk mengantarkan rendang tersebut sudah berada di Bandara Halim Perdana Kusuma, Makasar, Kamis (4/10) sore. "Ya, saya sedang urus cargo di Halim," jawab Rumainur saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (4/10) sore.

Setelah itu, lanjut Rumainur, pihaknya melanjutkan koordinasi dengan TNI AU di Halim Perdana Kusuma yang diterima Letkol Fris. "Ada juga perwakilan Sumbar di Jakarta bersama kami dan perwakilan Pemprov Jateng sendiri," katanya.

Hasil koordinasi, lanjut Rumainur, jika tidak ada aral melintas, besok pagi Jumat (5/10) bantuan rendang akan diterbangkan ke Palu menggunakan pesawat Hercules. "Paling lambat sampai Sabtu," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menjelaskan, pemilihan rendang untuk bantuan korban didasari karena makanan khas Ranah Minang ini bertahan bahkan lebih satu bulan. Sehingga, tersendat pun pengirimannya tetap bisa bertahan untuk dapat disantap. "Kita harap bantuan terus mengalir untuk saudara kita di Palu dan sekitarnya," kata Nasrul.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up