JawaPos Radar

Jaga Komunikasi dengan Member JKT48, Sayaya Pakai Google Translate

04/10/2018, 18:03 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
Jaga Komunikasi dengan Member JKT48, Sayaya Pakai Google Translate
Sayaya saat menyanyikan Candy di pertunjukan Dewi Teater oleh Tim T, Rabu (3/10) (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com – Senyum Kawamoto Saya di pertunjukan Dewi Teater oleh Tim T di Teater JKT48, Rabu (3/10) terus mengembang. Meski harus beradu dengan keringat yang menetes, Sayaya terus tersenyum ke arah penggemar. Member pertukaran member dari AKB48 ke JKT48 itu terlihat sangat enjoy saat tampil bersama Tim T.

Saat sesi MC tiba, Sayaya yang berdiri di sisi kiri panggung teater memperkenalkan diri dengan Bahasa Indonesia. Belum terlalu lancar. Tetapi, fans mengapresiasi dengan memberikan tepuk tangan dan memanggil nama Sayaya dengan keras. Topik MC malam itu adalah, jika bekerja sebagai Staff JKT48, ingin jadi apa.

’’Hair make up,’’ jawab Sayaya cepat. Gadis Hokkaido yang berulang tahun tiap 31 Agustus itu ingin menjelaskan kenapa ingin jadi seorang hair make up. Sayaya berusaha menjelaskan dalam Bahasa Indonesia. Tetapi kesulitan. Dia sempat mencoba menjelaskan pakai Bahasa Inggris dalam beberapa kata.

Jaga Komunikasi dengan Member JKT48, Sayaya Pakai Google Translate
Sayaya ditemui usai pertunjukan teater. Bahasa memang masih menjadi kendala, namun ada Ayana, Melati, Pucchi maupun Google Translate yang membantu. (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

’’Suka,’’ kata Sayaya sembari memberi gerakan sedang menata rambut. Jawaban singkat itu sekaligus menutup upaya dia untuk memberikan penjelasan. Meski demikian, fans tetap memberikan sorakan sebagai balasan atas upaya itu.

Ditemui usai pertunjukan, Sayaya memang mengakui kalau bahasa menjadi kendala utama berkomunikasi. Meski waktu untuk program pertukaran member itu hanya sebulan, dan berakhir Oktober ini, Sayaya tetap ingin belajar Bahasa Indonesia.

’’Itu jadi tantangan dan hambatan tersendiri. Bagaimana juga ingin komunikasi, tetapi terbatas bahasa. Sekarang sudah bisa meski dikit dan berusaha saat MC,’’ jelas Sayaya.

Untuk saat ini, komunikasi Sayaya dengan member Tim T dibantu oleh Ayana Shahab. Kapten Tim T lancar berbahasa Jepang karena keturunan Jepang dari ibunya. ’’Selain dibantu Ayana, pakai Google Translate. Tukar handphone. Anak Tim T baik-baik,’’ ujarnya.

Kata Sayaya, salah satu yang disuka dari Tim T adalah, para membernya suka berusaha mengajak komunikasi dengannya. Melati kata dia suka memberi tahu berbagai kosa kata yang lucu seperti bocah kentang. Lantas,  Pucchi yang suka banget dengan budaya Jepang. ’’Dia sedikit bisa ngomong Bahasa Jepang,’’ jelas Sayaya.

Beruntung, meski susah berkomunikasi, Sayaya mengaku tidak pernah jadi korban jahil teman-temannya. Sayaya senang, waktu singkatnya di Jakarta dikelilingi orang-orang yang ramah. Termasuk para penggemar yang kerap meneriakkan namanya.

’’Banyak yang menyapa, dan aku ingin selalu membalas mereka. Setidaknya, senyuman,’’ kata Sayaya yang juga member Tim 4 AKB48 itu.

(dim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up