JawaPos Radar

Dokter Kulit Ungkap Alasan Wajah Ratna Sarumpaet Lebam Usai Operasi

04/10/2018, 17:06 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
ratna sarumpaet, operasi plastik,
Ratna Sarumpaet mengakui membuat hoaks soal lebam pada wajahnya. (Miftahul Hayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Teka-teki wajah lebam Ratna Sarumpaet akhirnya terungkap. Belakangan ini dia mengaku bahwa dirinya bukan dipukuli melainkan efek sedot lemak di bagian pipi. Benarkah sedot lemak bisa berakibat demikian?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Jonathan R. Subekti, SpKK mengidentifikasi tindakan medis yang dilakukan pada wajah Ratna Sarumpaet bisa berbagai macam.

"Jika dilihat saat bengkaknya agak sulit ya. Bisa sedot lemak pipi, bisa mini facelift, bisa fat-transfer, ataupun kombinasi di antaranya," kata dr. Jonathan kepada JawaPos.com, Kamis (4/10).

dokter kulit, operasi plastik,
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Jonathan R. Subekti, SpKK menjelaskan efek operasi plastik pada wajah. (Istimewa)

Menurutnya, secara umum, seseorang usai dioperasi plastik bisa saja mengalami lebam atau bengkak. Hal itu timbul karena adanya proses peradangan.

"Namanya ada luka yang dibuat, ada pembuluh darah kecil yang terpotong, pasti ada proses peradangan berupa pembengkakan. Ibaratnya seperti kita terbentur sesuatu saja kan bisa lebam atau benjol. Apalagi operasi. Jadi ini proses yang memang normal terjadi," kata dr. Jonathan.

Operasi umumnya dilakukan oleh spesialis bedah plastik dan dokter spesialis kulit yang telah menjalani pelatihan khusus. Metode yang digunakan tentu tergantung hasil yang diinginkan dan keadaan kulit awal si pasien. Termasuk sedot lemak.

"Sedot lemak bisa dilakukan di mana saja yang terdapat penumpukan lemak berlebih," papar dr. Jonathan.

Kesimpulannya, kata dr. Jonathan, setiap orang yang menjalani operasi pasti bengkak dan lebam. Hal yang berbeda adalah banyaknya lebam maupun lamanya penyembuhan.

"Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia. Semakin tua tentu proses penyembuhan lebih lambat. Semakin tua, wajah juga semakin kendur, jadi ketika bengkak bisa lebih besar," jelasnya.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up