JawaPos Radar

Deretan Selebriti yang Pernah Terlibat Hoax

04/10/2018, 16:38 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Beberapa Selebriti yang Pernah Terlibat Hoax
Marissa Haque pernah tersagkut kasus hoax setelah mengunggah gambar seorang pria yang jari tangannya menghitam di media sosial. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Berita bohong yang disebabkan oleh Ratna Sarumpaet membuat Indonesia resah dan kecewa. Dia bahkan mengaku sebagai pembuat berita hoax terbaik di negeri ini. Selain Ratna Sarumpaet, beberapa selebriti tanah air juga pernah tersangkut kasus hoax. Di antaranya.

1. Marissa Haque

Artis Marissa Haque saat sempat dituding menyebar hoax pada Maret lalu. Akun @HaqueMarissa yang diduga milik Marissa Haque mengunggah foto capture posting-an berupa gambar seorang pria yang terbaring di ranjang dengan kondisi jari tangan menghitam.

Marissa memberi keterangan yang menyebutkan jika pria tersebut adalah orang yang pernah merobek dan membakar Al Quran dan dia terkena penyakit mematikan. Tak lama diunggah, posting-an ini pun langsung mengundang reaksi dari warganet.

Mereka mencibir dan menjadikan Marissa sebagai penyebar hoax. Sebab, warganet membeberkan jika pria tersebut adalah Paul Gaylord yang menurut dailymail.co.uk, jari tangan Paul menghitam karena terjangkit penyakit langka setelah digigit kucing. Diduga kucing tersebut terinfeksi bakteri yang pada akhirnya membuat jari tangan juga kaki Paul hitam membusuk.

Beberapa Selebriti yang Pernah Terlibat Hoax
Young Lex mengakui menyebar foto hoax dipukuli oleh para penggemar K-Pop saat acara 'Meet and Greet" dengan Lisa Blackpink. (dok.JawaPos.com)

2. Young Lex

Agustus lalu, Young Lex merilis video klarifikasi terkait wajah babak belur yang diunggahnya beberapa waktu lalu. Lewat akun Instagram pribadinya, Young Lex kala itu menulis bahwa dia dipukuli oleh K-Popers dan pihak keamanan dari sebuah acara Meet and Greet Lisa Blackpink.

Dua hari sejak foto lebamnya beredar, Young Lex pun merilis video yang mengakui jika foto itu memang hasil make-up. Kemudian, Young Lex bicara panjang alasannya bikin foto hoax.

"Gunakanlah social media yang baik dan benar. Lebih teliti lagi dan menyaring semua berita yang ada di media, jangan langsung percaya sama apa yang terpampang jelas di media. Itu bisa hoax bisa nggak. Coba kalian teliti, saring lebih dalam lagi, lihat dari dua sumber," katanya dalam video tersebut.

Beberapa Selebriti yang Pernah Terlibat Hoax
Rina Nose pernah menjadi korban Hoax ketika namanya dicatut untuk membuat judul provokatif dalam sebuah blog. (dok.JawaPos.com)

Sementara itu, artis-artis yang menjadi korban hoax di antaranya.

1. Rina Nose

Artis yang pernah menjadi korban hoax adalah Rina Rose. Pada 12 November 2017 blog id-detik-news membuat tulisan berjudul provokatif, Rina Rose Buang Jilbabnya, Sebut Islam Itu Ajaran Sesat. Judul tersebut hanyalah bagian dari upaya memburu klik. Tak ada sama sekali perkataan dari Rina Rose yang menyebut Islam ajaran sesat seperti pada judul.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), tampaknya layak memasukkan blog id-detik-news ke daftar blokir mereka. Sebab, blog tersebut menyebarkan banyak hoax yang bertujuan memicu konflik SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan).

Beberapa Selebriti yang Pernah Terlibat Hoax
Nikita Mirzani pernah menjadi korban hoax ketika akun Twitternya disebut menuliskan ujaran kebencian. Berdasarkan digital forensik, ternyata bukan berasal dari Nikita Mirzani. (Yuliani NN/JawaPos.com)

2. Nikita Mirzani

Nikita dituduh Sam Aliano telah menuliskan ujaran kebencian terhadap Gatot Nurmantyo terkait film G30S PKI lewat akun Twitter @NikitaMirzani pada Februari 2018.

Oleh karena itu, Gerakan Pemuda Anti Komunis (Gepak) melaporkan Nikita ke Polda Metro Jaya pada akhir tahun lalu atas tuduhan penghinaan terhadap Gatot yang kala itu masih menjabat sebagai panglima TNI.

Sebelum Gepak, Nikita sudah dilaporkan oleh Aliansi Advokat Al Islam NKRI dengan dugaan yang sama. Namun, tuduhan yang dilayangkan terhadapnya beberapa waktu silam di media sosial itu tidak terbukti setelah dilakukan pengecekan digital forensik.

Beberapa Selebriti yang Pernah Terlibat Hoax
Bella pernah menjadi sasaran kabar hoax yang menyebut dirinya menerima mahar rumah seharga Rp 21 juta dari Afifuddin Kalla. (Instagram)

3. Laudya Chintya Bella

Laudya Chintya Bella disebut mendapatkan mahar dari acara lamarannya oleh Afifuddin Kalla, keponakan dari Wapres Jusuf Kalla berupa rumah seharga Rp 21 Miliar.

Sontak, Bella mengamuk di Twitter dan Instagram-nya, pada Februari 2017. Bella pun membantah menerima mahar dari Afifuddin Kalla.

Kini, Bella telah menikah dengan pengusaha asal negeri Jiran, Malaysia.

Beberapa Selebriti yang Pernah Terlibat Hoax
Iwan Fals pernah menjadi korbaan hoax. Dia tiga kali diisukan meninggal dunia. (dok.JawaPos.cocm)

4. Iwan Fals

Musisi kawakan yang punya banyak fans di seluruh Indonesia ini pernah diberitakan meninggal dunia pada 2012.

Bahkan, Iwan Fals sudah tiga kali diisukan meninggal. Iwan Fals pun sempat mengungkapkan kekecewaannya terhadap kabar tersebut karena berita tersebut menimbulkan kepanikannya di keluarganya.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up