JawaPos Radar

Pengerjaan Proyek Tol Ma-Pan Terkendala Pembebasan Lahan

04/10/2018, 16:31 WIB | Editor: Budi Warsito
Pengerjaan Proyek Tol Ma-Pan Terkendala Pembebasan Lahan
Pembangunan Tol Ma-Pan yang masih terkendala pembebasan lahan. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Jelang akhir 2018, pembangunan Tol Malang Pandaan (Ma-Pan) masih belum rampung. Pembebasan lahan menjadi salah satu faktor kendala proyek nasional ini belum rampung.

Direktur Teknis dan Operasional PT Jasa Marga Pandaan Malang, Siswanto menyebut, masih ada 10 persen lahan yang belum terbebas. Kebanyakan yang belum rampung, ada di section 5 yang meliputi wilayah Sawojajar dan Kedungkandang di Kota Malang. Alasannya, adalah kendala sosial.

"Harus pendekatan dari hati ke hati," katanya, saat perekonomian warga," katanya, saat memaparkan materi dalam Site Visit Proyek Jalan Tol Pandaan Malang, di Pasuruan, Kamis (4/10).

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga, Agus Purnomo menjelaskan, masih ada lahan yang belum dibebaskan. Hal itu dikarenakan, masyarakat dan pemerintah belum sepakat mengenai harga. Sehingga pemilik lahan menolak.

"Masih tunggu proses eksekusi. Kalau eksekusi itu sebetulnya kan urusan pemerintahan ya. Kami hanya menjalankan secara teknisnya," papar Agus.

Ditegaskan Agus, pembebasan lahan ini memang tidak diselesaikan secara bersamaan. Artinya, ketika melakukan pengerjaan jalan tol, ada tanah yang belum dilepaskan oleh pemiliknya kepada pemerintah.

"Akibatnya konstruksi nggak bisa sambung menyambung. Akhirnya terhambat dan kerjanya muter," katanya.

Meski begitu, progres untuk konstruksi ini sudah mencapai 71 persen. Juga sudah 71 persen total penyelesaian di section 1 hingga 5.

Dia menargetkan, konstruksi bisa selesai akhir November atau awal Desember tahun ini. Penyelesaian ini untuk section 1 hingga 3 sepanjang 30 kilometer.

Lebih lanjut dia menegaskan, jika rampung akhir tahun ini, maka pembangunan Tol Ma-Pan tercepat se Jawa Timur. "Bayangkan, badan usaha ini baru resmi berdiri 6 Juni 2016. Baru dua tahun empat bulan, tapi ruas tol sudah rampung," katanya.

Sementara untuk target penyelesaian keseluruhan dengan panjang 38,488 kilometer, ditargetkan rampung di triwulan tahun depan.

Tol Malang Pandaan (Ma-Pan) dibangun dengan ruas total sepanjang 38,488 kilometer. Pembangunannya dibagi ke dalam lima section. Yakni Purworejo, Purwodadi, Pandaan yang masuk dalam section 1.

Kemudian, di section 2 ada Lawang serta Singosari, Pakis dan Sawojajar, Kota Malang yang masing-masing ada di section 3, 4 dan 5.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up