JawaPos Radar

Ganjar Siapkan Tempat Penampungan Para Pengungsi Gempa di Sulteng

04/10/2018, 16:24 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Gempa Sulteng
RATA: Sebuah bangunan masjid rata dengan tanah akibat gempa di Sulteng. (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyatakan kesediaannya menampung para pengungsi asal daerahnya yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah tempo hari lalu. Sejumlah tempat penampungan pun telah disiapkan.

“Kalau memang ada orang Jawa Tengah yang kembali, pasti akan kami tampung. Ya akan kami openi karena itu rakyat kita. Akan kami bantu dengan kondisi kedaruratan yang ada,” kata Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Kamis (4/10).

Guna menampung mereka yang kehilangan tempat tinggal, Ganjar berujar pihaknya bakal memfungsikan Asrama Haji Donohudan Solo jika jumlahnya memang banyak. "Kita pernah lakukan itu, namun saya kira tidak akan sebanyak itu," sambungnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga berupaya mencarikan tempat di Kabupaten mana yang berdekatan dengan keluarga pengungsi tersebut. "Intinya kami siap, kami banyak gedung yang dapat digunakan untuk menampung pengungsi,” tegasnya.

Selain itu, Ganjar juga mengaku ada bantuan berupa tenaga dan logistik yang siap dikirimkan pihaknya. Ditambah bantuan dana penanganan korban senilai Rp 1 miliar. Akan tetapi, masih perlu didiskusikan lantaran diambil dari APBD.

Menambahkan bantuan dari APBD tadi, ada lagi sokongan lain, sebagaimana Ganjar sebutkan yakni datang dari sejumlah BUMD di Jateng. Belum lagi suport dari masyarakat individu maupun kelompok.

“Kemarin dari para ulama juga siap membantu, kelompok masyarakat juga siap. Untuk bantuan relawan dan logistik tahap pertama, akan kami berangkatkan pada 6 Oktober besok dan InsyaAllah akan sampai pada 10 Oktober mendatang,” tandasnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up