JawaPos Radar

Tangkap Wali Kota Pasuruan, Segini Barbuk yang Diamankan KPK

04/10/2018, 15:51 WIB | Editor: Kuswandi
Barbuk OTT
Ilustrasi: Penyidik KPK memperlihatkan barang bukti uang suap hasil operasi tangkap tangan (OTT), beberapa waktu lalu. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan uang sejumlah Rp 120 juta dari operasi tangkap tangan (OTT) di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Uang tersebut diduga merupakan komitmen fee dari proyek untuk pejabat di wilayah tersebut.

"Tim telah menghitung uang yang ditemukan dalam rangkaian kegiatan tangkap tangan di Pasuruan. Setidaknya uang tersebut berjumlah Rp120 juta," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (4/10).

Menurut Febri uang ratusan juta diduga penerimaan suap terkait proyek di wilayah Kota Pasuruan. Namun KPK belum bisa menjelaskan secara detail proyek apa dalam kasus tersebut.

"Uang tersebut diduga sebagai bagian dari komitmen fee terkait satu proyek di Pasuruan," jelasnya.

Sebelumnya, penyidik lembaga antirasuah memeriksa enam orang di terkait OTT di Kota Pasuruan. Salah satu yang diperiksa secara intensif yakni Wali Kota Pasuruan berinisial S.

"Sehingga diamankan sekitar 6 orang, sejumlah uang dan barang bukti perbankan," papar Febri.

Menurut Febri, OTT di Kota Pasuruan merupakan tindak lanjut dari informasi yang diterima oleh penyidik KPK yang menerima informasi bahwa akan ada transaksi yang melibatkan penyelenggara negara dan pihak swasta.

"Setelah KPK lakukan kroscek di lapangan, diduga telah terjadi transaksi pemberian pada penyelenggara negara di Kota Pasuruan," jelas Febri.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up