JawaPos Radar

Resep Jitu Fakhri Husaini Ciptakan Timnas Muda Jempolan

04/10/2018, 15:41 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Fakhri Husaini, Timnas U-16 Indonesia, Timnas U-16
Fakhri Husaini mengungkapkan resep jitu dalam menciptakan Timnas Junior (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, mengaku memiliki resep jitu menciptakan tim yang jempolan. Meski begitu, tidak mudah untuk menciptakan tim yang dapat meraih prestasi terbaik. Butuh perjalanan panjang agar sebuah tim dapat gemilang.

"Kuncinya hanya dua yakni kerja sama dan kerja keras. Untuk kunci pertama terdapat kerja sama antara PSSI, pemerintah, dan asosiasi provinsi," ujar Fakhri di Gedung Kemenpora, Senayan.

Fakhri mengaku untuk menciptakan tim yang berkualitas harus melibatkan asosiasi provinsi. Lalu dilanjutkan dengan seleksi yang diminta oleh pemerintah.

"Ketika awal tim ini terbentuk, beberapa kali saya diundang Kemenpora. Saya diminta untuk memantau 55 pemain dari hasil Liga Pelajar. Dari situ kami dapat menemukan beberapa pemain," ucap Fakhri.

Untuk kunci kedua, Fakhri mengungkapkan berasal dari anak asuhnya sendiri. Mereka mampu bekerja cukup kompak hingga akhirnya meraih prestasi.

"Kerja keras ketika tim ini terbentuk. Kendalanya memang banyak, tapi saya sampaikan ke pemain tidak boleh mengeluh. Yang membanggakan mereka sampai akhir tidak mengeluh. Meskipun mendapat masalah besar mereka semua dapat mengatasinya," imbuhnya.

Tidak hanya dari para pemain saja, kerja sama dari para staf pelatih juga dinilai sangat kompak. Alhasil mereka semua dapat bersinergi sehingga tercipta tim yang berprestasi.

Perlu diketahui, kendati tersingkir di perempat final Piala Asia U-16 2018, Timnas U-16 Indonesia mampu menunjukkan performa gemilang. Salah satunya, Sutan Zico cs mampu mengalahkan Iran di fase grup.

Timnas U-16 Indonesia juga mampu memberikan perlawanan yang luat biasa saat kalah kontra Asutralia. Sebelumnya prestasi yang paling membanggakan adalah menjuarai Piala AFF U-16 2018.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up