JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Akan Ada Komodo Raksasa di Pembukaan Asian Para Games 2018

04/10/2018, 15:34 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, INAPGOC, Kemenpora, Indonesia
Logo Asian Para Games 2018 (Dok Arsip Nasional Republik Indonesia)
Share this image

JawaPos.com - Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) akan menampilkan komodo raksasa dalam opening ceremony Asian Para Games 2018 pada Sabtu (6/10). Komodo yang ditampilkan bukanlah komodo hidup, melainkan boneka yang digerakkan oleh beberapa orang.

Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengatakan, konsep penggunaan komodo raksasa tersebut tadinya sempat mengundang kontroversi karena kesalahpahaman.

"Kami sempat mendapatkan teguran sedikit tentang penggunakna komodo di acara pembukaan, karena banyak yang menyangka kami menggunakan komodo hidup yang diperlakukan seperti hewan sirkus," kata Okto Kamis (4/10).

Hal tersebut dibenarkan Associate Creative Director & Set Designer Asian Para Games 2018 Jay Subiyakto. Jay menegaskan, nantinya akan ada puluhan orang yang membawa replika hewan reptilia endemik Indonesia tersebut.

"Sebenarnya komodo bohongan. Bukan beneran. Yang tidak boleh kan itu kalau menggunakan komodo asli," katanya.

Saat ditanya lebih detail soal konsep opening ceremony Asian Para Games 2018, Jay enggan menjelaskan lebih lanjut. "Kalau bisa, nonton aja. Kalau diceritain tidak seru," tutupnya sambil tertawa.

Seperti diketahui, Asian Para Games 2018 akan berlangsung pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta. Mempertandingkan 18 cabang olahraga, multi event ini akan diikuti ribuan atlet penyansang disabilitas dari 43 negara.

(isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up