JawaPos Radar

Sebar Hoax Soal Gempa, Perempuan Ini Hanya Ingin Viral

04/10/2018, 15:16 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Hoax Soal Gempa
Penyebar hoax soal gempa saat diperiksa penyidik Ditreskrimsus Polda Riau, Kamis (4/10). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Seorang perempuan di Pekanbaru, Riau, nekat menyebarkan berita hoax soal gempa bumi. Alsannya sederhana, sang perempuan berinisial MA hanya ingin viral di media sosial Facebook.

"Motifnya dengan tujuan ingin dibaca dan diketahui teman-teman yang ada di Facebook dan ingin mendapatkan komentar," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, Kamis (4/10) siang.

MA ditangkap aparat Subdit II Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Rabu (3/10) kemarin. pelaku ditangkap di rumahnya, Jalan Patin, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Sunarto menjelaskan, penangkapan bermula ketika Polda Riau mendapatkan informasi dari tim cyber Bareskrim Mabes Polri tentang adanya dugaan penyebaran informasi bohong soal gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Menindaklanjuti itu, tim melakukan penyelidikan. Akhirnya pelaku berhasil kami amankan dan dia mengakui perbuatannya," jelas mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, postingan hoax tersebut diunggah MA dalam akun Facebook inisial LI sebanyak tiga kali. Pertama pada Selasa (25/9). Kedua pada Sabtu (29/9), dan terakhir Selasa (2/10) lalu.

"Selain itu, alasan dia memposting berita hoax karena ingin ikut-ikutan dan ditujukan untuk teman Facebook yang berada di grup Facebook salah satu calon wakil Presiden," ujar polisi dengan melati dua di pundaknya itu.

Adapun salah berita hoax yang telah diunggah MA berbunyi, 'Ketahanan bumi ini sudah semakin lemah, karna terlalu banyak bangunan yg bertingkat2 dan dibuat jalan2 dan tol2 sehingga bencana bertubi2 datangnya, inkarna akhir zaman gempa demi gempa saling bersahutan di berbagai provinsi. Ini utk saling mengingatkan agar bertobatlah penghianat negara...dan Karna produksi BMKG JAKARTA dan jawa sekitarnya akan terjadi gempa susulan dg kekuatan 8,6 tetapi tidak tau kapan terjadinya...persiapan utk siaga saja.. dan berdoa semoga selamat dari bencana ini.'

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up