JawaPos Radar

Timnas U-16

Timnas U-16 Tidak Akan Lagi Lakoni TC Jangka Panjang, Ini Alasannya

04/10/2018, 15:30 WIB | Editor: Agus Dwi W
timnas u-16
Sekjen PSSI mengungkapkan tak ada lagi TC jangka panjang untuk Timnas usia muda. (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perjalanan Timnas U-16 sudah usai setelah tersingkir di Piala Asia U-16 2018. Namun, bukan akhir yang sebenarnya. Karena talenta-talenta mereka akan terus dibina di dirawat agar terus berkembang dengan baik hingga menjadi kekuatan baru di level senior.

David Maulana dkk memang punya masa depan yang cerah. Karena itu, PSSI, Kemenpora, dan ofisial Timnas U-16 berkomitmen untuk merawat talenta-talenta terbaik sepak bola Indonesia hingga menjadi bintang di masa depan.

PSSI pun sudah menyiapkan wadah kompetisi bagi para pemain belia ini. Antra lain level kompetisi elite melalui Liga 1 Elite Pro Academy dan amatir via Piala Suratin. Selain itu masih ada kompetisi yang digelar Kemenpora (Liga Menpora) ataupun pihak swasta yang lain.

“Anak-anak akan kembali ke klub dan berkompetisi dengan rekan yang lain,” terang Ratu Tisha Destria, Sekjen PSSI di kantor Kemenpora, Rabu (3/10).

Selain itu, ada perubahan yang dilakukan PSSI terkait pembinaan Timnas usia muda. Pemusatan latihan Timnas di kelompok usia nanti tidak akan lagi berlangsung dalam jangka panjang.

Sebulan saja (TC), itu sudah paling lama,” kata Ratu Tisha. “Pembinaan sekarang areanya di kompetisi, lalu di Timnas tinggal finishing.” 

Para pemain Timnas U-16 menyambut positif kebijakan tersebut. Hal itu disampaikan Rendy Juliansyah. Menurut salah satu pencetak gol ke gawang Australia itu, pemusatan latihan yang lama kerap membuat pemain merasa bosan.

“Lebih baik memang kami berkompetisi. Kalau saya ingin main di luar negeri. Untuk saat ini kesempatan dan pengalaman yang ingin saya cari,” bebernya.

(nap/bas)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up