JawaPos Radar

Honor Penari Ratoh Jaroe, Plt Kadisdik DKI: Sudah Clear

04/10/2018, 14:11 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Honor Penari Ratoh Jaroe, Plt Kadisdik DKI: Sudah Clear
Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto memastikan honor penari Ratoh Jaroe sudah diberikan. (Reyn Gloria/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perdebatan soal honor penari pengisi pembukaan Asian Games 2018 akhirnya terselesaikan. Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto menyatakan telah menyelesaikannya beberapa waktu yang lalu dengan Kepala Sekolah yang terkait.

Selain itu, Bowo menegaskan bahwa dirinya telah melihat isi perjanjian yang tertera yang akan diterima penari adalah biaya operasional bukan honor. Biaya operasional meliputi transportasi dan konsumsi para penari.

"Sudah clear, kami sudah panggil para kepala sekolah dan setelah kami lihat dari MoU nya memang adalah biaya operasional, tidak ada menyebutkan disitu bunyi honor untuk penarinya," jelasnya di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

"Mereka pelatihan membutuhkan transportasi, transportasi juga tidak mungkin dibiayai oleh sekolah. Lalu konsumsi, jadi diperhitungkan dulu untuk transportasi dan konsumsi setelah itu kemudian sisanya dibagikan kepada penari sendiri," terang Bowo.

Belajar dari hal tersebut, Bowo memperingatkan jika penari kembali dipakai di Asian Para Games maka seharusnya biaya operasional diberikan langsung ke rekening penari. Agar tidak ada kesalahpahaman terkait pembayaran lagi.

"Kami sudah minta sebaiknya masuknya langsung ke rekening peserta didik, sehingga semuanya dikelola oleh peserta didik gitu loh. Itu menjadi pembelajaran buat kami kedepan," tuturnya.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susi Nurhati sempat menyatakan belum mengetahui secara pasti berapa total biaya yang dibayarkan untuk operasional para siswa yang terlibat untuk menari. Maka, Disdik DKI pun meminta catatan pengeluaran pembiayaan operasional. 

"Ya kami juga meminta untuk penjelasan, kan kita harus menebarkan transparansi dari pengelolaan, itu perlu. Sehingga ini menjadi jelas," tegas Bowo.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up