JawaPos Radar

Gubernur BI Puji Buku Pandangan IMF Soal Kajian Perekonomian Indonesia

04/10/2018, 14:05 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Gubernur BI Puji Buku Pandangan IMF Soal Kajian Perekonomian Indonesia
Gubernur BI Perry Warjiyo (keempat dari kiri) bersama sejumlah pejabat BI membahas buku IMF soal perekonomian Indonesia berjudul "Realizing Indonesia's Economic Potensial" (Hana Adi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Internasional Monetary Fund (IMF) ternyata menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang diikuti perkembangan perekonomiannya. Lewat buku berjudul "Realizing Indonesia's Economic Potensial", lembaga keuangan internasional ini mengupas secara mendalam kemajuan Indonesia dari berbagai aspek selama 2 dekade terakhir.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengungkapkan ada beberapa hal yang dikaguminya dari buku tersebut. Pertama, buku itu disebutnya menyampaikan kebangkitan Indonesia Indonesia dari krisis 1998.

"Buku ini memberitahukan banyak reformasi yang dilakukan saat krisis, termasuk perubahan fundamental. Monetary reform, fiscal reform," ujarnya di Komplek Bank Indonesia (BI), Jakarta, Kamis (4/10)

Kedua, lanjut Perry, buku tersebut menjabarkan potensi ekonomi Indonesia yang bisa tumbuh 6,5 persen dalam beberapa tahun ke depan. "Reformasi infrastruktur dan aspek lainnya. Bagaimana potensi ekonomi INdonesia going forward," tuturnya.

Selain itu, dirinya menyebut buku ini memberi masukan terkait hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar bisa memberi keuntungan terhadap perekonomian dalam negeri. Hal itu sekaligus untuk mendorong potensi peningkatan pertumbuhan ekonomi.

"Reform harus terus dilanjutkan. Buku ini menunjukkan number policy advice. Pembangunan infrastruktur harus dilanjutkan," jelas dia.

"Reformasi fiskal, medium term fiscal strategy untuk meningkatkan pajak itu butuh dilakukan. Reformasi institusi termasuk bagaimana mengakselarasi OSS. Ini tiga hal yang saya suka dari buku ini," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up