JawaPos Radar

Ladies Car Community, Komunitas Mobil Perempuan Pertama Indonesia

04/10/2018, 13:43 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Ladies Car Community, Komunitas Mobil Perempuan Pertama Indonesia
Ladies Car Community (LCC) dalam sebuah aktivitas bersama para member. (Dok. LCC)
Share this image

JawaPos.com - Komunitas mobil dan motor umumnya digawangi oleh pria. Namun belakangan hal itu sudah tak berlaku. Ada juga komunitas mobil dan motor yang dikomandoi perempuan.

Mereka bisa membuat komunitas sendiri dengan anggota keseluruhannya ada kaumnya. Ladies Car Community (LCC) adalah salah satunya dan merupakan komunitas mobil perempuan pertama yang terbentuk pada 25 Juni 2016. Komunitas ini awalnya memang digerakan oleh para perempuan yang sudah memiliki komunitas masing-masing.

Intensitas berkumpul yang baik membuat mereka akhirnya menyatukan pendapat untuk membentuk komunitas sendiri yang dikhususkan bagi perempuan pecinta mobil yang terbiasa berkumpul dalam organisasi komunitas mobil.

"Kita awalnya punya komunitas mobil masing-masing ada yang dari Komunitas Ertiga ada yang dari Honda Brio dan komunitas lainnya. Karena sering kumpul akhirnya ada ide bersama bagaimana kalau kita buat komunitas mobil khusus perempuan," kata Jehan, salah satu member LCC saat berbincang dengan JawaPos.com beberapa waktu lalu.

Karena ketekunan dan rasa solidaritas merekan yang kuat, perlahan namun pasti komunitas LCC ini mulai berkibar. Saat ini komunitas mobil ini telah memiliki member lebih dari 200 orang dan telah tersebar di 15 kota di seluruh Indonesia.

Kota-kota yang menjadi Chapter LCC antara lain Jakarta, Palembang, Bali, Medan, Padang, Bandung, Makassar dan sejumlah kota lainnya. Sebagai komunitas mobil khusus perempuan, mereka aktif dalam sejumlah aktivitas yang berkaitan dengan edukasi safety driving untuk perempuan, aktivitas sosial dengan anak yatim piatu dan edukasi lain seputar mobil.

Dalam komunitas LCC tidak ada batasan mobil member harus didandani atau dimodifikasi seperti yang lain dan mobil merek apa saja boleh bergabung dalam komunitas ini. Syarat paling pentingnya adalah anggotanya harus perempuan. 

"Dalam komunitas LCC tak ada perbedaan. Semua mobil bebas untuk mengkreasi mobilnya. Ada mobil yang dimodifikasi, ada yang standar dan ada juga yang main di drag. Jadi tidak ada batasan soal itu. Untuk bergabung tinggal mengambil nomor kontak di instagram lalu mengontak pengurus untuk registrasi," ujarnya.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up