JawaPos Radar

Mau Operasi Plastik Kayak Ratna Sarumpaet? Ini Biaya Per Bagian Tubuh

04/10/2018, 12:51 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Mau Operasi Plastik Kayak Ratna Sarumpaet? Ini Biaya Per Bagian Tubuh
Ilustrasi operasi plastik yang banyak dilakukan untuk mempercantik diri (Pixabay.com)
Share this image

JawaPos.com - Operasi plastik mendadak heboh setelah Ratna Sarumpaet menyebarkan isu hoax mengenai dirinya yang dianiaya. Mengutip situs resmi spesialisbedah.com, ternyata kocek yang harus dikeluarkan untuk mengubah wajah menjadi lebih menawan melalui operasi plastik tidaklah sedikit.

Mendengar kata operasi plastik pasti identik dengan Korea Selatan yang memang terkenal sebagai gudangnya klinik operasi plastik di dunia. Klinik yang paling terkenal di Korea Selatan adalah Gangnam Seoul dengan biaya operasi plastik yang bervariasi dan beragam.  Umumnya di negara ginseng tersebut, operasi plastik di gunakan sebagai hadiah ulang tahun untuk keluarga ataupun orang orang terdekat.

Di Indonesia sendiri, klinik khusus menangani Operasi Plastik juga telah muncul diberbagai tempat, terutama di Jakarta dan kota-kota besar lainnya dengan biaya yang juga bervariatif.  Besarnya biaya operasi plastik juga bergantung pada peralatan dan bagian tubuh yang akan dioperasi, seperti :

1. Operasi Plastik Hidung (40 Juta – 60 Juta)

Banyak orang yang mendambakan memiliki hidung mancung. Tak hanya wanita saja, namun beberapa pria juga menginginkan mempunyai hidung yang mancung. Di Korea operasi plastik hidung berkisar antara 40 juta sampai 60 juta, sedangkan di Indonesia terutama Jakarta sekitar 9 juta sampai 21 juta.

2. Operasi Kelopak Mata (15 Juta – 37 Juta)

Operasi kelopak mata biasanya disebut juga dengan blepharoplasty yang merupakan tindakan operasi untuk memperbaiki ataupun meremajakan kelopak mata atas supaya terlihat lipatan pada mata, sedangkan pada kelompak mata bagian bawah dilakukan dengan mengencangkan gelembung sekaligus menghilangkan keriputnya.

Di Korea total harga operasi ini berkisar antara 15 juta sampai dengan 37 juta, sedangkan di Indonesia terutama Jakarta sekitar 7 juta sampai 30 juta. Operasi kelopak mata dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

Upper Blepharoplasty (8 Juta – 10 Juta)
Operasi ini merupakan tindakan operasi yang dilakukan pada kelopak mata bagian atas dengan cara membuat lipatan mata/eyelid pada mata sipit. Tujuan dari operasi ini untuk mengencangkan kelopak mata atas yang mengendur, sekaligus memperbesar mata dengan cara membuang adanya kelebihan lemak dan kulit yang menumpuk. Selain itu operasi ini juga membuka sudut mata, sehingga membuat mata terlihat lebih besar dan indah. Biaya single untuk operasi Upper Blepharoplasty di Indonesia terutama Jakarta adalah sekitar 8 juta sampai 10 juta.

Lower Blepharoplasty (8 Juta – 10 Juta)
Operasi ini merupakan tindakan untuk menghilangkan adanya kantung mata yang terlihat bengkak ataupun menurun dengan cara mengurangi lemak dan kulit dibagian bawah mata agar terlihat lebih segar dan kencang. Biaya single untuk operasi Lower Blepharoplasty di Indonesia terutama Jakarta adalah sekitar 8 juta sampai 10 juta.

Ptosis (Berkisar 12 Juta)
Operasi ini merupakan tindakan yang dilakukan pada kelopak mata atas yang mengalami lunglai atau kondisi turun yang melebihi batas normal karena otot kelopak mata yang melemah. Biaya single untuk operasi Ptosis di Indonesia, Jakarta adalah sekitar 12 juta

3. Operasi Pipi (Berkisar 30 Juta)

Beberapa wanita kurang suka terhadap pipi chubby yang dimiliki, sehingga menggunakan operasi pipi untuk meniruskan pipi agar mendapat kesan kurus pada wajah dan tidak gemuk. Di Korea operasi semacam ini berharga sekitar 30 juta, sedangkan di Indonesia, terutama Jakarta adalah sekitar 12 juta.

4. Operasi Dagu (25 Juta – 50 Juta)

Setelah melakukan operasi pipi biasanya ditunjang dengan operasi dagu untuk menyeimbangkan struktur wajah, sehingga tercipta pipi tirus dan dagu lancip seperti artis. Apabila tidak disertai dengan operasi dagu pasca melakukan operasi pipi, maka hasilnya akan menjadi pipi tirus namun pipi gembung. Kondisi tersebut menjadi tidak proporsional dan tidak cantik. Untuk Biaya Operasi Plastik dagu di Korea membutuhkan biaya sekitar 25 juta sampai 50 juta, sedangkan di Indonesia terutama Jakarta sekitar 15 juta sampai 24 juta.

6. Operasi Facelift (100 Juta – 200 Juta)

Facelift biasanya banyak dilakukan oleh wanita paruh baya yang ingin memiliki wajah lebih muda, seperti saat remaja. Operasi ini biasanya disebut operasi anti penuaan atau operasi awet muda. Tindakan operasi semacam ini dilakukan pada area bagian pipi, leher, dagu dan juga mengencagkan otot otot di wajah. Di negara Korea, operasi ini berharga sekitar 100 juta sampai 200 juta sedangkan di Indonesia terutama Jakarta sekitar 50 juta

6. Operasi Payudara (120 Juta – 140 Juta)

Banyak wanita menganggap operasi payudara perlu dilakukan, disamping kurang puas terhadap ukuran payudara sekarang sekaligus ingin menyenangkan pasangan hidupnya. Usia wanita yang semakin menua juga turut berpengaruh terhadap ukuran dan kekencangan payudara yang dimiliki. Selain itu pasca melahirkan dan menyusui biasanya ukuran dan kekencangan payudara akan berubah juga, sehingga operasi ini sangat perlu dilakukan.

Di Korea operasi jenis ini berharga lebih mahal daripada operasi yang lain yaitu mencapai 120 juta sampai 140 juta, sedangkan di Indonesia terutama Jakarta bisa mencapai 42 juta sampai 50 juta.

7. Operasi Leher (3 Juta – 50 Juta)

Pasca operasi wajah biasanya kulit disekiar leher akan berubah menjadi agak kendur, sehingga memerlukan operasi leher untuk mengencangkan kulit disekitar leher. Tujuan dari operasi ini untuk meremajakan, mengencangkan otot dan kulit agar terlihat jauh lebih segar dan muda. Pengencangan otot dan kulit ini dilakukan dengan menghilangkan kerutan, garis garis halus yang ada dileher. Operasi ini umumnya dikombinasikan dengan operasi facelift, operasi kelopak mata, operasi hidung dan operasi hidung.

Tindakan operasi ini meliputi pengencangan kulit dan otot di area dahi, wajah sekaligus leher. Operasi leher biasanya dilakukan oleh pasien yang membutuhkan tindakan facelift dengan kisaran usia 40 tahun ke atas. Di Indonesia terutama Jakarta operasi ini dipatok dengan harga sekitar 3 juta sampai 50 juta tergantung pada area dan kondisi leher tersebut.

8. Operasi Brow Lift (Berkisar 10 Juta)

Operasi jenis ini memperbaiki posisi alis yang mengalami penurunan karena penuaan. Tujuan dari operasi brow lift adalah untuk memperbaiki posisi alis seperti sedia kala, sehingga lebih muda dan kencang. Biaya yang perlu dipersiapkan untuk operasi brow lift di Indonesia terutama Jakarta adalah sekitar 10 juta.

(mys/JPC)

Alur Cerita Berita

Polisi Bakal Periksa Ratna Sarumpaet 04/10/2018, 12:51 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up