JawaPos Radar

Ratna Sarumpaet Disandingkan dengan Kartini

Koalisi Jokowi Akan Berikan Buku Sejarah ke Anak Amien Rais

04/10/2018, 11:58 WIB | Editor: Kuswandi
Hasto Kristiyanto dan Meutya Hafid
Sekretaris Jokowi-Maruf Amin Hasto Kristianto dan Wadir Bidang Media Meutya Hafid akan berikan buku ke Hanum Rais, Kamis (4/10) (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Anak Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, yakni Hanum Rais ‎mendadak menjadi sorotan. Ini karena dia mengibaratkan Ratna Sarumpaet seperti pahlawan nasional Cut Nyak Dien dan RA Kartini.

Sektetaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan akan memberikan buku sejarah dan buku perjuangan RA Kartini kepada Hanum Rais.

"Nanti bidang perempuan TKN (tim kampanye nasional) sore nanti akan mengirimkan buru sejarah kepada Mba Hanum Rais, dikirimkan pakai Go-Jek saja," ujar Hasto di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Kamis (4/10).

Menurut Hasto, diberikannya buku tersebut supaya putri dari Amien Rais tersebut mengerti tentang sejarah. Siapa RA Kartini dan juga Cut Nyak Dien. Sehingga tidak menyamakan lagi sesorang dengan pahlawan nasional. Apalagi disandingkan dengan Ratna Sarumpaet.

"Jadi supaya memahami betul siapa Cut Nyak Dien dan siapa Ibu Kartini," katanya.

Hasto juga berharap, dengan diberikannya buku tersebut, Hanum mengerti dan mudah membuat perbandingan siapa saja kaum perempuan yang pantas disejajarkan oleh Cut Nyak Dien dan RA Kartini.

"‎Jadi ke depan lebih mudah membuat perbandingan antara tokoh pahlawan bangsa yang jadi simbol pergerakan perjuangan kaum perempuan di Indonesia," pungkasnya.

Adapun dua buku yang bakal diberikan Tim Kampanye Nasional Koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin adalah, pertama buku sejarah yang di dalamnya ada cerita perjuangan Cut Nyak Dien dalam melawan penjajahan. Kedua adalah buku perjuangan RA Kartini‎ demi memperjuangkan emansipasi wanita.

Sekadar informasi, Putri Amien Rais, Hanum Rais dalam akun Twitter miliknya @hanumrais menangis ketika menuntun Ratna Sarumpaet menuju ke dalam mobil.

Saat itu, aktivis Ratna Sarumpaet baru saja selesai menghadiri pertemuan dengan calon presiden 2019 sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon.

Pertemuan ini membahas mengenai kabar dugaan Ratna Sarumpaet dipukuli oleh orang tak dikenal hingga menyebabkan wajahnya bonyok lebam.

Ketika berjalan keluar, dalam Twitter @hanumrais, Hanum Rais terlihat merangkul pundak Ratna Sarumpaet.‎ Penulis novel 'Iam Sahraza' ini kemudian berhenti sejenak sebelum masuk mobil bersama Ratna Sarumpaet sambil menangis.

"Saat ini saya sedang berada dengan bunda Ratna Sarumpaet. Saya bisa merasakan (penderitaan beliau)," tutur Hanum Rais sambil menahan tangis dalam video yang diunggah di Twitter.

"Beliau adalah Cut Nyak Dien masa kini. Kartini masa kini adalah bunda Ratna Sarumpaet dan bunda Neno Warisman.

"Mudah-mudahan mengilhami ribuan Neno Warisman dan Ratna Sarumpaet di Indonesia, salah satunya mudah-mudahan saya yang bisa menjadi bagian dari perjuangan ini," ungkap Hanum Rais.

Adapun Ratna Sarumpaet sudah mengakui melakukan kebohongan. Luka lebam yang ia dapatkan bukan karena dikeroyok oleh orang tidak dikenal. Melainkan sedot lemak pada bagian pipi kirinya di Rumah Sakit khusus Bedah Bina Estetika, Jakarta.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up