JawaPos Radar

Ngeri, Xiaomi Mi A1 Dilaporkan Meledak, Adiknya Mi A2 juga Bermasalah

04/10/2018, 10:41 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Xiaomi Mi A1, Xiaomi Mi A1 meledak, Xiaomi Mi A1 terbakar
Xiaomi Mi A1 meledak dan terbakar. (Gizmochina)
Share this image

JawaPos.com – Smartphone Android One Xiaomi tengah diterpa kabar miring. Ada dua hal yang menjadi sebab musabab Xiaomi lewat produk Android murninya itu ramai diperbincangan. Pertama soal Xiaomi Mi A1 yang dilaporkan meledak, kedua Xiaomi Mi A2 yang katanya bermasalah.

Soal Xiaomi Mi A1, menurut laman Gizmochina, sebagaimana JawaPos.com kutip pada Kamis (4/10), smartphone tersebut meledak ketika pemiliknya sedang melakukan pengisian daya ulang alias charging. Entah apa penyebabnya, tiba-tiba saja Xiaomi Mi A1 meledak.

Ramai diperbincangkan di jagat maya, salah seorang sumber mengklaim kejadian itu dialami temannya. Xiaomi Mi A1 dibiarkan dekat dengan pemiliknya tidur.

Unit itu terbakar tetapi untungnya, sang pemilik tidak terluka karena smartphone terbungkus casing pelindung. Casing pelindung mampu melindungi efek ledakan dan beruntungnya lagi, letak Xiaomi Mi A1 itu tidak terlalu dekat dengan pemiliknya.

Ada beberapa alasan mengapa smartphone meledak. Hal tersebut mulai dari baterai yang rusak, adaptor pengisian yang buruk, pola pengisian daya, dan lainnya. Belum diketahui detail tentang kondisi smartphone atau bagaimana pola penggunaan pemilik. Namun menurut cerita, smartphone tersebut dilaporkan telah digunakan selama delapan bulan dan dibiarkan mengisi daya saat pemiliknya tidur.

Xiaomi Mi A1, Xiaomi Mi A1 meledak, Xiaomi Mi A1 terbakar
Xiaomi Mi A1 meledak dan terbakar. (Gizmochina)

Terlihat dalam gambar, smartphone Xiaomi Mi A1 itu tampak meleleh pada bagian bawahnya. Bungkus atau casing pelindung pun ikut terkena dampaknya. Tidak diketahui di mana dan kapan insiden itu terjadi, namun menurut posting-an di situs Xiaomi kejadan itu tercatat diunggah pada 28 September lalu dan telah dilaporkan ke layanan pelanggan Xiaomi.

Berbeda kasus dengan Mi A1, adiknya Mi A2 juga memiliki masalah. Bukan meledak dan terbakar, Xiaomi Mi A2 disebut memiliki bug atau celah gangguan yang membuat kinerjanya tidak mumpuni. Melansir laman AndroidAuthority, Xiaomi Mi A2 kedapatan memiliki bug pada sektor fingerprint dan konsumsi daya baterai berlebih.

Soal konsumsi daya baterai yang berlebihan pada Xiaomi Mi A2, kendala tersebut diungkap oleh para Mi Fans lewat situs Linus Tech Tips. Masalah berasal dari bug yang terkait dengan sensor sidik jari atau fingerprint smarphone tersebut.

Masa pakai baterai yang buruk berasal dari bug yang memaksimalkan delapan core CPU di Mi A2. Bahkan ketika perangkat duduk diam dengan hampir tidak ada proses yang berjalan, semua delapan core berjalan pada kecepatan maksimum yang jelas menguras baterai sangat cepat.

Xiaomi Mi A2 bermasalah, Xiaomi Mi A2, Xiaomi Mi 2 Lite
Xiaomi Mi 2 Lite (kiri) dan Mi A2 reguler (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Meskipun tidak sepenuhnya jelas bagaimana bug ini terjadi, berbagai pengguna melaporkan bahwa ini terhubung ke pemindai sidik jari belakang. Jika kamu memindai sidik jari untuk membuka kunci perangkat, core CPU kadang-kadang berjalan maksimal dan kemudian tidak berhenti. Satu-satunya cara untuk mendapatkan core untuk bekerja secara normal adalah dengan menonaktifkan pemindai sidik jari dan kemudian me-restart telepon.

Terkait adanya bug pada Xiaomi Mi A2, Xiaomi selaku pemilik produk belum merilis pernyataan tentang masalah dan laporan bug di forum MiUi dan masih ditandai sebagai kasus ‘Perlu informasi lebih lanjut’. Untuk pasar Indonesia sendiri, Xiaomi Mi A2 hadir secara resmi akhir bulan lalu dengan dua varian, yakni Mi A2 (biasa) dan Mi A2 Lite.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up