JawaPos Radar

5 Tanda Atasan di Kantor Punya Sikap Penjilat Pada Bos Besar

04/10/2018, 11:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
kriteria atasan, atasan penjilat,
Ilustrasi. Ada lima karakter yang dimiliki atasan penjilat. (Reader's Digest)
Share this image

JawaPos.com - Beberapa permasalahan di kantor memang biasa dihadapi oleh para pegawai. Salah satunya menghadapi sikap teman atau atasan yang mempunyai sikap perayu ulung alias penjilat terhadap 'bos besar'.

Jenjang jabatan atasan di kantor tentu memiliki jenjang seperti kepala bagian, manajer, hingga direktur. Beberapa anak buah dan pegawai tentu kesal jika ada atasannya yang bersikap manis di hadapan 'bos besar', padahal tak demikian keadaan yang sebenarnya.

Kepada JawaPos.com, baru-baru ini, Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie mengungkap, ada lima tanda atasan yang bersikap menyebalkan seperti itu. Biasanya pegawai lain atau bawahannya menjadi bantalan di hadapan bos besar. Apa saja?

kriteria atasan, atasan penjilat,
Ilustrasi. Demi bos besar seorang atasan rela membatalkan janji terhadap bawahannya. (Inc.com)

Omongan Tak Bisa Dipegang

"Yang pasti omongannya tak bisa dipegang, kata-katanya yang penting manis di hadapan bos besar. Biar terlihat jago kerja," kata Liza.

Sering Batalkan Janji

"Demi bos besar, biasanya atasan sering membatalkan janji kepada bawahannya. Semua agar mendapat pujian dari bos besar," ungkap Liza.

Kontak Mata Tak Bisa Dibohongi

"Biasanya atasan yang penjilat terlihat dari matanya. Terlihat kebohongan dari sorot matanya terutama saat di depan bos besar, sehingga bersifat make-up story," ujarnya.

Berbohong

"Sering mengarang cerita bahwa semua anak buah dan pekerjaan baik-baik saja. Semua urusan kantor beres," tuturnya.

Besar Mulut

"Atasan yang penjilat pada bos besar padahal kerjanya biasa-biasa saja. Namun sering menjual nama bawahannya dengan omongannya, agar dipuji bos besar," tegasnya. 

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up