JawaPos Radar

MotoGP 2018

Bersaing di Lintasan, Marquez & Dovi Kompak Soal Sirkuit Buriram

04/10/2018, 11:10 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
MotoGP 2018, GP Thailand, Vinales, Rossi, Marquez, Dovizioso, Lorenzo, Crutchlo, Iannone, Pedrosa
Marc Marquez dan Andrea Dovizioso (Motorsport)
Share this image

JawaPos.com - Sirkuit Internasional Buriram di Thailand menyajikan petualangan baru bagi seluruh pembalap MotoGP. Sebab ini pertama kalinya kasta tertinggi balap motor diadakan di lintasan 4,5 Km tersebut.

Memang pada sesi pramusim MotoGP 2018, Februari lalu, para pembalap sudah diberikan kesempatan untuk menyicipi lintasan tersebut. Namun mereka masih belum beradaptasi dengan sempurna, bahkan beberapa menganggap sirkuit itu terbilang sulit.

"Memang saya akui lintasan tersebut berkarakteristik cepat. Tapi saat ini di MotoGP saya lebih lambat. Sangat sulit juga untuk menjaga agar ban dapat bertahan lebih lama karena banyak tikungan yang memaksa beban kepada ban," ujar Marc Marquez sebagaimana dilansir dari laman resmi MotoGP.

Hal senda juga diungkapkan oleh pembalap dari tim Ducati, Andrea Dovizioso. Bahkan dia menilai lintasan ini sangatlah aneh.

Sebab lintasan yang didesain untuk motor berkarakteristik tenaga yang besar ini memiliki banyak tikungan tajam. Alhasil para pembalap harus lebih jeli dalam menentukan titik pengereman.

"Bagi saya sirkuit ini sangat aneh. Banyak tikungan rendah yang membuat sudut cornering tajam. Di akhir lintasan juga terdapat tikungan yang kecil," ujar Dovi.

Jika dilihat memang sirkuit ini memiliki banyak lintasan lurus yang panjang. Namun di sisi lain, sirkuit itu juga dilengkapi dengan 12 tikungan menantang. Karenanya para pembalap harus benar-benar pintar dalam mengatur putaran gas dan waktu pengereman.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up