JawaPos Radar

Jembatan Putih Kukusan Didesain Antigempa

04/10/2018, 10:18 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Jembatan Putih Kukusan
ANTIGEMPA: Jembatan putih di Pantai Balekambang. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pantai Balekambang di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), mulai berbenah. Beberapa fasilitas ditambahkan. Tujuannya untuk menambah keamanan dan antisipasi gempa dan badai.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa Ahmad Faiz Wildan menjelaskan, pihaknya selaku pengelola menambahkan White Bridge of Kukusan. Jembatan putih ini dirancang tahan gempa dan tsunami. Desainnya lentur dan mengikuti arah angin.

Selain itu, kukusan alias alat dapur tradisional berbentuk anyaman yang berfungsi untuk menanak nasi itu bergerak lentur mengikuti arah angin. Belasan kukusan dipasang di jembatan putih.

Jembatan Putih Kukusan
ANTIGEMPA: Jembatan putih di Pantai Balekambang. (Tika Hapsari/Jawapos.com)

Kukusan menjadi spot foto baru di Balekambang. Namun jembatannya sendiri sudah berdiri lama, yakni lebih dari 30 tahun. "Desainnya lentur, sehingga kami berharap bisa tahan gempa dan badai," kata Wildan, Kamis (4/10).

Pada prinsipnya, jembatan kukusan bisa dimaknai tentang ekonomi kerakyatan, kesehatan, estetika, dan kegembiraan yang tercipta dari setiap orang saat melewatinya. Apalagi saat melintasi jembatan diabadikan dengan berswafoto.

Wildan menambahkan, hal menarik lain yang disuguhkan managemen yaitu di setiap akhir pekan disajikan seni budaya. Hal ini memberdayakan pemuda untuk menyuguhkan hiburan rakyat. Sejumlah hal baru yang ditampilkan diharakan mampu mengikis rasa takut calon pengunjung untuk berwisata di pantai Malang Selatan.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up