JawaPos Radar

Penggusuran Penghuni Lahan HP 105 Belum Ditentukan

04/10/2018, 10:00 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
F. X. Hadi Rudyatmo
Wali Kota Solo F. X. Hadi Rudyatmo. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan melakukan penggusuran terhadap warga yang menempati lahan hak pakai (HP) 105. Ini menyusul tidak ditemukannya maladministrasi sebagaimana yang disangkakan para penghuni lahan tersebut. Namun sampai sekarang, Pemkot Solo belum menentukan waktu untuk melakukan penggusuran.

Sekretaris Satpol PP Solo Arif Darmawan menjelaskan, pihaknya masih mengedepankan upaya persuasif. Diharapkan dengan upaya pendekatan, warga yang selama ini menolak penggusuran bisa bersedia pindah dan menerima tawaran dari Pemkot Solo.

"Kami tetap membuka komunikasi dengan warga. Kami berharap warga menerima tawaran dari pemkot dan meninggalkan lahan HP 105, " terang Arif, Kamis (4/10).

Tawaran yang diajukan Pemkot Solo di antaranya memberikan kesempatan kepada warga untuk menempati rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Tawaran ini ditujukan kepada warga yang belum memiliki rumah. Kemudian bagi warga yang memiliki usaha, pemkot menawarkan kios di Pasar Panggungrejo yang berlokasi tidak jauh dari lahan HP 105.

"Ada beberapa warga yang sudah menerima tawaran ini. Seperti mendaftar di Rusunawa dan di Pasar Panggungrejo. Tapi kami masih menunggu warga yang menerima lebih banyak," ucap Arif.

Arif menambahkan, sebenarnya surat peringatan (SP) terakhir atau SP 3 untuk warga agar meninggalkan lokasi sudah habis sejak dua bulan lalu. Tapi Pemkot Solo belum berencana melakukan penggusuran.

"Penggusuran akan dilakukan kalau jumlah warga yang bersedia pindah lebih banyak dari warga yang menolak. Barulah kami akan melakukan eksekusi," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up