JawaPos Radar

Liga 2 2018

Prediksi Persegres vs Persiba: Tiga Poin Krusial Bagi Kebo Giras

04/10/2018, 10:20 WIB | Editor: Agus Dwi W
liga 2 2018
Persegres harus bisa mendapatkan tambahan poin saat menjamu Persiba untuk mengamankan tempat di Liga 2 musim depan. (Fuad Muhammad/Kaltim Post)
Share this image

JawaPos.com - Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik bakal bergelora pada Kamis (4/10) sore nanti. Sebuah duel panas bakal disajikan Persegres Gresik United yang menjamu Persiba Balikpapan. Pasalnya, kedua tim sama-sama butuh tambahan poin untuk menyelamatkan diri dari jeratan degradasi.

Posisi kedua tim di klasemen sementara Liga 2 wilayah timur memang membuat pertarungan bakal berlangsung sengit. Kedua tim sama-sama berjuang untuk lepas dari zona degradasi. Persegres berada di urutan kesepuluh. Sementara itu, Persiba dua tingkat di atasnya.

Namun, situasi yang dihadapi Persegres lebih rumit. Dengan sisa tiga pertandingan, ancaman turun kasta ke Liga 3 semakin terasa. Apalagi tim berjuluk Kebo Giras itu memiliki tren kurang baik. Mereka belum pernah menang dalam dua laga terakhir.

Ancaman lainnya, Persiba pernah membantai Persegres di Stadion Batakan, Balikpapan di putaran pertama lalu. Saat itu, Persegres dipaksa menyerah enam gol tanpa balas. Namun, pelatih Persegres Sanusi Rahman optimistis timnya bisa meraih poin pada pertandingan kali ini.

“Mereka (Persiba) tim yang solid dan pantang menyerah. Namun kami akan berusaha sekuat tenaga. Karena ini pertandingan yang penting bagi kami. Saya harap pemain dapat tampil penuh semangat,” ujar Sanusi.

Untuk itu, Sanusi pun sudah mengingatkan skuadnya untuk tidak melakukan pelanggaran tidak perlu. Terutama pelanggaran yang dilakukan di dekat kotak penalti sendiri. Karena hal ini bisa memberi peluang bagi Persiba untuk mencetak gol.

“Kami akan bermain fight. Saya sudah tekankan agar meminimalkan pelanggaran di daerah terlarang. Sisa laga ini wajib kami menangkan,” imbuhnya. 

Persiba sendri datang ke Gresik bukan tanpa target. Selisih enam poin dengan Kebo Giras-julukan Persegres-di tiga laga sisa Liga 2 masih belum sepenuhnya aman. Skuad Beruang Madu yang didandani Haryadi, punya target segera mengamankan posisi di Liga 2.

Jika melihat statistik tiga pertandingan terakhir, Persiba pantas diunggulkan. Hery Susilo cs sukses memetik dua kemenangan, plus satu kekalahan. Catatan gol Persiba juga terbilang cukup produktif.  Enam gol berhasil disarangkan ke gawang lawan, dan hanya kebobolan empat gol.

Sebaliknya, pada tiga laga terakhir tuan rumah Persegres hanya memetik satu kemenangan, satu seri, dan sekali kalah. Tak hanya itu, meski tampil di kandang, skuad arahan Sanusi Rachman juga bisa dikatakan masih kesulitan mengamankan tiga poin. Total dari sembilan partai home, Persegres hanya mengantongi empat kemenangan, dua kali imbang, dan tiga kekalahan.

Haryadi mengaku, kemenangan yang diraih atas PS Mojokerto Putra 3-2 (24/9) dan PSBS Biak 3-1 (29/9) menjadi modal bagus sebelum menghadapi tuan rumah Persegres sore ini. “Pemain dalam kondisi mental yang bagus, mereka sudah siap untuk laga besok (hari ini, red),” kata Haryadi. 

Perkiraan Susunan Pemain

Persegres Gresik United (4-3-3): 94-Wais Al Qorni (g); 66-Dedi Indra, 31-Syahrul Mustofa, 26-Tedi Siamsyah, 4-Wismoyo Widhisto; 7-David Faristan (c), 77-Malik Risaldi, 6-Obet Rivaldo; 9-Andika Dian, Fandhy Achmad, 27-Thaufan Hidayat
Pelatih: Sanusi Rahman

Persiba Balikpapan (4-3-3): 71-Fajar Setya (g); 21-Aang Suparman (c), 14-Fathul Rachman, 19-Hery Susilo, 87-Yudi Khoerudin; 8-Bryan Cesar, 15-M-Fadil,18-Sandi Septian; 10-Beni Oktavianto; 7-Rosi Norprihanis, 22-Siswanto
Pelatih: Hariyadi

(jpg/adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up