JawaPos Radar

Euro Bisa Bantu Rupiah Lewat Rencana Geopolitik Italia

04/10/2018, 07:55 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Euro Bisa Bantu Rupiah Lewat Rencana Geopolitik Italia
Ilustrasi penukaran uang di sebuah money changer (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)
Share this image

JawaPos.com - Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih akan berada di zona 15.000-an. Namun, diharapkan tekanan rupiah dapat diredam dengan perkembangan geopolitik Italia.

Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, mulai adanya penguatan dari Euro setelah berita rencana Italia yang akan memangkas defisit neracanya selama tiga tahun ke depan, diharapkan dapat memberikan sentimen positif pada Rupiah, terutama dengan berkurangnya imbas dari kenaikan USD.

"Diperkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.075-15.058,” ujarnya Kamis (4/10).

Reza menyampaikan, pergerakan Rupiah belum juga terbebas dari pelemahan. Terlihat pada perdagangan valas, pergerakannya masih menunjukan pelemahan.

“Adanya pemberitaan terkait dengan apresiasi Kementerian Keuangan terhadap PT Adaro Indonesia yang meningkatkan transaksi Rupiahnya untuk membantu menopang stabilitas nilai tukar Rupiah yang juga diharapkan dapat ditularkan pada sejumlah perusahaan lainnya di Indonesia dan keinginan Pemerintah agar investasi bisa lebih meningkat di tahun politik tampaknya belum cukup kuat mengangkat Rupiah,” tuturnya.

Di sisi lain, lanjutnya, masih adanya berita positif terutama dari pemerintah terkait dengan upaya menstabilkan nilai tukar Rupiah diharapkan juga membantu Rupiah bertahan dari pelemahannya.

“Diharapkan pelemahan dapat lebih terbatas untuk mengurangi potensi pelemahan lebih lanjut. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up