JawaPos Radar

Mulai 8 Oktober Jalan KH Wahid Hasyim Jadi Satu Arah

04/10/2018, 06:30 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Mulai 8 Oktober Jalan KH Wahid Hasyim Jadi Satu Arah
Sistem satu arah atau one way akan diberlakukan di Jalan KH Wahid Hasyim mulai 8 Oktober. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Guna mengurangi kepadatan lalu lintas, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan uji coba Sistem Satu Arah (SSA) atau one-way tahap pertama di Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat. Diharapkan dengan uji coba ini arus lalu lintas bisa lebih lancar.

Plt Kadishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menjelaskan, tahap pertama akan diberlakukan dari simpang Jalan Jaksa sampai simpang Jalan Agus Salim. Kendaraan hanya melintas dari arah timur ke barat atau menuju Sarinah pada 8-22 Oktober 2018.

"Kami akan melaksanan sistem uji coba satu arah di Jalan Wahid Hasyim. Nah rencana akan diujicobakan di mulai tanggal 8. Hari ini masih sosialisasi," kata Sigit di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (3/10).

Sigit mengaku telah memasang spanduk pemberitahuan terkait rencana SSA Jalan Agus Salim. Upaya ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengendara yang melintas.

"Saya bilang uji coba sampai dengan tanggal 22, setelah itu kami lihat nanti bagaimana. Dari hasil permodelan ada peningkatan kecepatan di ruas yang dibuat sistem satu arah atau tidak," terangnya.

Namun, dirinya pun menekankan agar SSA ini dapat memberikan keuntungan bagi para difabel salah satunya perbaikan pedestrian. Nantinya, akses trotoar diharapkan akan terhubung dengan pelican crossing di Sarinah, Jakarta Pusat. Tapi yang lebih penting, kata Sigit, adalah memberikan akses untuk pejalan kaki.

"Diharapkan ini mengedukasi masyarakat sehingga menggunakan angkutan umum masal," ujarnya.

Adapun rute dari SSA tahap pertama ini, yaitu:

- Jalan KH Wahid Hasyim segmen simpang Jalan Jaksa sampai dengan simpang Jalan Agus Salim satu arah dari arah timur ke barat.

- Jalan Agus Salim segmen simpang Jalan KH Wahid Hasyim sampai dengan simpang Jalan Kebon Sirih satu arah dari arah selatan ke utara.

- Larangan belok kanan dari arah selatan dan barat di simpang Sabang (Jalan KH Wahid Hasyim - Jalan Agus Salim).

- Larangan belok kanan dari arah barat ke selatan di simpang Jalan Kebon Sirih - Jalan KH Agus Salim.

Selain tahap I, adapula tahap II yang akan diuji coba setelah tahap I diimplementasikan.

Untuk SSA tahap II akan diterapkan di Jalan Srikaya 1 dan 2 (sebelah rel KA) dari simpang Jalan Kebon Sirih sampai simpang KH Wahid Hasyim dan sebaliknya.

Lalu, Jalan KH Wahid Hasyim dari simpang Jalan Srikaya sampai simpang Cemara, arah timur ke barat. Jalan KH Wahid Hasyim dari simpang Cemara sampai simpang Jalan Jaksa, arah timur ke barat.

(ce1/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up