JawaPos Radar

Ratna Sarumpaet Ngaku Bikin Hoax, Politikus Golkar Bilang Begini

03/10/2018, 22:17 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Ratna Sarumpaet
Seniman sekaligus Aktivis Ratna Sarumpaet akhirnya mengakui tidak pernah mengalami penganiayaan. Sambil menangis, Ratna Sarumpaet mengaku telah berbohong kepada sejumlah orang. (Miftahul Hayat/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Polemik penyebaran kabar bohong penganiayaan Aktivis Ratna Sarumpaet menuai sorotan dari sejumlaha kalangan. Salah satunya, Wakil Ketua Hukum dan Advokasi DPP Partai Golkar Muslim Jaya Butar Butar.

Muslim menegaskan, pihaknya sangat menyesalkan adanya polemik hoax penganiayaan yang sengaja dibuat oleh Ratna Sarumpaet. Karena itu akan merugikan masyrakat Indonesia.

"Kita menolak semua bentuk kekerasan terhadap siapapun karena. Namun membuat berita bohong lalu menyebarkan melalui media, seolah olah terjadi penganiayaan merupakan perbuatan tak beretika dan merugikan banyak orang," ujar Muslim melalui keterangan tertulis pada JawaPos.com, Rabu (3/10).

Karena itu, Muslim Jaya meminta kepolisian segara memproses pihak yang ikut serta dengan sengaja menyebarkan berita bohong dan memviralkan melalui berbagai media. Termasuk untuk segera memproses pihak-pihak di belakang cerita hoax yang telah membuat resah masyarakat.

"Perbuatan orang yang memviralkan berita bohong tentang adanya penganiayaan sangat berpotensi melanggar hukum baik yang diatur dalam KUHP maupun UU ITE," katanya. 

Lebih lanjut, Pria yang juga Caleg DPRD Provinsi Jabar ini meminta polisi mendalami motif di balik viralnya kabar tersebut apalagi terbukti Ratna Sarumpaet tidak dianiaya.

"Tentu harus dibongkar. Siapa aktor intelektual di balik ini semua. Agar terbongkar jaringan yang memanfatkan hoaks sebagai media menyerang lawan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Seniman sekaligus Aktivis Ratna Sarumpaet akhirnya mengakui tidak pernah mengalami penganiayaan. Sambil menangis, Ratna Sarumpaet mengaku telah berbohong kepada sejumlah orang. 

"Kali ini saya pencipta hoaks terbaik," ujar Ratna dalam jumpa pers di rumahnya, Jalan Kampung Melayu Kecil 5, Jakarta Selatan, Rabu (3/10).

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up