JawaPos Radar

Dikaitkan dengan Siswa Sayat Tangan, PT AHEB: Torpedo Aman Dikonsumsi

03/10/2018, 21:04 WIB | Editor: Budi Warsito
Dikaitkan dengan Siswa Sayat Tangan, PT AHEB: Torpedo Aman Dikonsumsi
Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT. Asia Health Energi Beverages (AHEB), selaku produsen minuman Torpedo yang sebelumnya dikaitkan menjadi penyebab 56 pelajar menyayat tangannya menyatakan bahwa produknya aman untuk dikonsumsi. Minuman tersebut, tidak mengandung zat adiktif sama sekali.

Mereka menampik jika produk tersebut mengandung Benzodiazepine sebagaimana diberitakan banyak pihak. “Uji Lab Balai POM juga memastikan produk tersebut tidak mengandung zat berbahaya dan aman dikonsumsi,” kata Trisno Winata, Chief Operating Officer PT. Asia Health Energi Beverages dalam Siaran Pers yang diterima, (3/10).

“Produk kami sangat aman dan dipastikan tidak mengandung zat berbahaya apalagi zat-zat adiktif sebagaimana zat yang ada pada narkoba,” imbunya.

Ia menambahkan, bila produk tersebut berbahaya, bagaimana mungkin produk tersebut bisa lolos dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dengan nomor POM.SD 132 644 341. “Dan Produk Torpedo sudah dipasarkan secara Nasional sejak tahun 2008,” jelasnya.

Selain aman dikonsumsi, Torpedo juga sudah dinyatakan HALAL oleh Majelis Ulama Indonesia dengan sertifikat halal dengan nomor: 00120009790399. Ditambahkan oleh Trisno bahwa, pihaknya tidak berani main-main dalam memproduksi minuman energi. PT. AHEB selalu mengikuti aturan main pemerintah dalam memproduksi minuman energi yang termasuk dalam kategori suplemen makanan.

“Kami secara transparan menyebutkan kandungan yang ada di dalam Torpedo telah diuji dan disetujui oleh BPOM,” tegasnya.

Dalam surat Badan POM RI tertanggal 18 November 2014, komposisi kandungan Torpedo Rasa Aneka buah yang dikemas dalam cup plastic ukuran 170 ml dengan Nomer Izin Edar POM.SD 132 644 341 tidak terdiri dari dari bahan-bahan berbahaya. Kandungan aktif dari Torpedo yakni, Taurine 291 mg; Caffeine 48,6 mg; Inositol; Niacinamide (Vit B3); Dexpanthenol (Provitamin B5); Vitamin B6; dan Vit B12. Sementara bahan tambahan adalah, Sucrose; Asam Sitrat; Malic Acid; Trisodium Citrate Dihydrate; Mix Fruit Flavour dan zat pewarna yang aman buat dikonsumsi.

Ia menegaskan, Kepala BNN Pekanbaru, AKBP Sukito juga telah menyatakan bahwa hasil uji lab menunjukkan minuman kemasan yang disebutkan sebelumnya bermerk Torpedo terbukti tidak mengandung narkoba atau zat membahayakan lainnya.

“Tidak benar, kalau ada yang menyebutkan minuman kemasan Torpedo mengandung narkoba atau zat membahayakan lainnya. Tidak ada hubungannya minuman yang dikonsumsi siswa tersebut dengan Prilaku menyayat tangan mereka.” kata AKBP Sukito.

Kepala BNN Pekanbaru, AKBP Sukito juga mengklarifikasi, kesimpulannya bahwa tidak ada sama sekali kaitan minuman kemasan yang dikonsumsi dengan menyayat tangan. “Tidak ada sama sekali. Apalagi dari hasil Uji Lab di Balai POM, hasilnya jelas menunjukkan minuman tersebut tidak mengandung zat Narkoba atau zat berbahaya lainnya. Tidak benar bila ada yang menyebutkan Torpedo mengandung zat berbahaya,” paparnya.

Dengan begitu, lebih lanjut Trisno, pihak perusahaan pun menyatakan bahwa dengan adanya klarifikasi dari berbagai pihak, diharapkan persoalan terkait produk Torpedo dianggap selesai. Sehingga diharapkan kepada Distributor, Toko dan Pedagang tidak perlu khawatir karena segala sesuatunya sudah jelas, bahwa Minuman Torpedo aman untuk dikonsumsi, sesuai hasil uji lab Badan POM dan klarifikasi dari Pihak BNNK Pekanbaru.

“Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang telah cepat mengklarifikasi bahwa produk Torpedo tidak ada kaitannya dengan siswa-siswi yang menyayat tangan,” tadnas Trisno Winata.

(bew/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up