JawaPos Radar

Akhirnya, Jenazah Atlet Paralayang Dimakamkan di Palu

03/10/2018, 20:32 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Atlet Paralayang
PEMAKAMAN: Jenazah Ardi dimakamkan di Batu. (Istimewa for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Jenazah atlet paralayang asal Batu, Jawa Timur, Ardi Kurniawan, dipastikan tidak dimakamkan di tanah kelahirannya. Jasad bapak dua anak itu akhirnya dimakamkan di Palu. 

"Jenazah Ardi dimakamkan di Palu," kata Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Provinsi Jawa Timur, Arif Eko Wahyudi, melalui pesan singkat WhatsApp yang diterima JawaPos.com, Rabu (3/10). 

Arief menjelaskan, salah satu alasan jenazah Ardi dikebumikan di Palu, karena akses menuju ke lokasi sangat susah. Pasalnya, banyak jalan yang rusak dan bergelombang. Selain itu, jembatan penghubung juga putus. 

Atlet Paralayang
SEMASA HIDUP: Ardi saat dikarak di Kota Batu usai mengikuti Asian Games 2018. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)

Rencananya, jenazah Ardi dibawa dengan kargo menuju Surabaya. Hanya saja, sulitnya akses transportasi membuat jasad senior di dunia paralayang itu harus dimakamkan di Palu.

"Alasan utama karena jenazah sudah tidak memungkinkan untuk dirawat dan dibawa pulang. Tenaga dan peralatan juga sangat terbatas," bebernya. 

Arief menambahkan, jenazah laki-laki yang ditemukan tewas tertimbun di Hotel Roa-Roa itu sudah dimakamkan siang ini waktu setempat. Bukan dimakamkan di pemakaman masal. Melainkan satu liang lahat hanya untuk jenazah peraih emas SEA Games 2011. "Didampingi oleh pelatih kepala Pelatnas, Saudara Gendon Subandono. Beliau adalah pelatih Gundul di Asian Games," imbuhnya. 

Soal keluarga, kata Arief, mereka sudah mengikhlaskan jenazah Ardi dimakamkan di Palu. Bahkan, ikut memutuskan agar dimakamkan di Palu. 

Sebagai informasi, Ardi adalah salah satu atlet paralayang yang akan berlaga dalam Indonesia Open Paragliding Palu Nomoni di Arena Paralayang Nomoni Pegunungan Salena di Palu, Sulawesi Tengah.

Di dunia paralayang, dia dikenal memiliki segudang prestasi. Ia pernah meraih medali emas SEA Games 2011, juga meraih medali emas PON 2016 di Jawa Barat.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up