JawaPos Radar

Cerita Rekayasa Pemukulan

Ratna Sarumpaet Sebarkan Hoax, Kang Emil: Minta Maaf ke Warga Bandung

03/10/2018, 19:19 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Ratna Sarumpaet Sebarkan Hoax, Kang Emil: Minta Maaf ke Warga Bandung
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menganjurkan Ratna Sarumpaet meminta maaf ke warga Bandung (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Aktivis hak asasi manusia (HAM) Ratna Sarumpaet mengungkap kebenaran cerita hoax yang telah ia rekayasa terkait pemukulan yang dialaminya. Dalam ceritanya, dia dipukuli oleh orang tidak dikenal di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jumat (21/9) lalu.

Dengan rekayasa ceritaannya yang menyebut Kota Bandung sebagai lokasi pemukulan, akhirnya Bandung mendapat perhatian publik dan komplain. Maka Ratna Sarumpaet ada keharusan untuk meminta maaf kepada warga Bandung juga Cimahi Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, atas rekayasa cerita mertua aktor Rio Dewanto kepada publik terkait pemukulan itu tentulah berimbas pada Kota Bandung. Karena usai viral, puluhan komplain ditujukan kepada Kota Bandung.

Ratna Sarumpaet Sebarkan Hoax, Kang Emil: Minta Maaf ke Warga Bandung
Ilustrasi cerita kebohongan Ratna Sarumpaet (Ropiah Drajat/ JawaPos.com)

"Tapi karena masalah ini menyangkut ada kata Bandung yang dijadikan lokasi rekayasa cerita itu, dan saya mendapati puluhan komplain ke kami. (komplain) dengan rasa keamanan yang mengkhawatirkan terkait kasus itu. Tentulah ini menjadi sebuah penyesalan bersama," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Rabu (3/10).

Kang Emil mengimbau dengan kerendahan hati Ratna Sarumpaet untuk minta maaf kepada publik khususnya Bandung dan Cimahi Jabar. Karena dengan meminta maaf, sedikitnya bisa memberikan dampak positif kepada publik.

"Minta maaf bukan ke saya, tapi ke masyarakat Kota Bandung dan Cimahi, yang mungkin mereka merasa tidak nyaman dengan rasa waswas akibat cerita ini. Saya kira, kita budayakan saling memaafkan dengan satu kalimat, ikhlas meminta maaf, pasti masyarakat Bandung Cimahi akan memaafkan," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya kabar pemukulan Ratna Sarumpaet terjadi di bandara di Bandung. Namun pihak kepolisian dan Bandara Husein Sastranegara tidak mendapatkan laporan kejadian dan bukti terkait pemukulan tersebut.

(ce1/ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up