JawaPos Radar

Kadis SDA: Perhitungan Januari Sampai Juni, Ada 180 Titik Genangan

04/10/2018, 01:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kadis SDA: Perhitungan Januari Sampai Juni, Ada 180 Titik Genangan
Kadis SDA DKI Jakarta Teguh Hendrawan (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengumumkan terdapat 180 titik air di Jakarta selama musim hujan. Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan pun menyampaikan agar masyarakat dapat tenang.

Teguh menyatakan memang tidak dipungkiri, 180 titik rawan banjir dan genangan akan tetap ada. Tetapi banjir dan Genangan akan surut tidak dalam waktu yang lama, kurang lebih dalam hitungan jam akan kering seketika.

"Hasil penghitungan kami dari Januari-Juni 2018, itu tercatat ada sekitar 180 titik genangan yang memang kejadiannya enggak terlalu lama, paling 2-3 jam itu bisa surut," ujar Teguh di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (3/10).

Teguh mengaku telah mengantisipasi wilayah banjir dengan pemetaan. Tercatat ada sekitar 80 titik dari 180 titik yang memang terjadi berulang atau sudah ada sebelumnya.

Teguh mencontohkan kawasan Slipi, Jakarta Barat yang memang sering terjadi genangan karena pembangunan fasilitas umum. Bahkan, Teguh mengambil kesimpulan daerah yang belum dinormalisasilah yang rawan terjadi banjir.

"Jakarta Barat yang belum dinormalisasi, kawasan Kembangan. Jakarta Selatan dan Jakarta Timur prediksinya sama dengan tahun lalu yang rawan banjir dan longsor. Kendala paling urgent ya keberadaan masyarakat, bangunan, tetapi kami tetap mengoptimalkan," terangnya.

Ke depannya, Teguh memastikan agar masyarakat tidak terlalu khawatir soal kesiapan. Sebab untuk antisipasi, Dinas SDA telah menyiapkan ratusan alat berat untuk mengeruk sungai-sungai di Jakarta.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up