JawaPos Radar

Bantu Korban Gempa Sulteng, UNS Kirim Relawan ke Palu

03/10/2018, 19:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Relawan UNS
RELAWAN UNS: Tim Tanggap Bencana UNS saat tiba di lokasi bencana di Palu, Sulteng, Rabu (3/10). (dok. UNS)
Share this image

JawaPos.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengirimkan relawan untuk membantu penanganan korban gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Tim Tanggap Bencana yang terdiri dari tujuh orang ini diberangkatkan, Selasa (2/10) oleh Rektor UNS Ravik Karsidi.  

Di sela memberangkatkan para relawan, Ravik menjelaskan, bahwa tim ini terbentuk atas kerja sama dengan berbagai pihak. Diantaranya SAR UNS, Fakultas Kedokteran UNS, Keluarga Alumni (KA) FK UNS, RSUD dr Moewardi, RS Orthopedi dan juga Pemerintah Daerah (Pemda) Sragen.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap para korban bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala," terangnya.

Ravik menambahkan, adanya para relawan yang terdiri dari dokter dan juga para anggota SAR ini diharapkan bisa membantu menangani para korban. Baik mengobati para korban yang mengalami luka dan juga melakukan evakuasi korban.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Tim Tanggap Bencana UNS, Hartono mengungkapkan, tim juga membawa sejumlah obat-obatan yang dibutuhkan untuk para korban.

Selain melakukan evakuasi, tim juga akan melakukan pemetaan wilayah. "Ini ditujukan untuk membuat posko yang bisa digunakan oleh tim gabungan UNS. Misalkan wilayah tidak bisa didatangi relawan pembawa bantuan, maka tim akan mendirikan posko," katanya. 

Kemudian, masih kata Hartono, tim juga akan melanjutkan dengan program-program selanjutnya. Misalkan dengan melakukan pendataan mengenai kebutuhan para korban. Seperti beras, tikar, selimut dan yang lainnya.

"Kebutuhan-kebutuhan tersebut akan disalurkan kepada para korban," tandasnya. Selain menerjunkan para relawan, UNS juga membuka donasi bagi para dermawan yang ingin memberikan bantuan kepada para korban.

Donasi bisa disalurkan melalui BNI nomor rekening 0033684356 atas nama Budiyanto Wiboworini dan konfirmasi melalui nomor 08122590979.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up