JawaPos Radar

UOB Indonesia Prediksi Perekonomian Tumbuh 5,2-5,4 Persen di 2019

03/10/2018, 17:58 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
UOB Indonesia Prediksi Perekonomian Tumbuh 5,2-5,4 Persen di 2019
Ilustrasi pembangunan infrastruktur untuk mendukung konektivitas antar daerah dalam menggenjot perekonomian (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Bank UOB Indonesia (UOB) memprediksi perekonomian Indonesia tumbuh pada kisaran 5,2-5,4 persen pada 2019 di dukung oleh fundamental ekonomi yang kuat.

Ekonom Bank UOB Indonesia Enrico Tanuwidjaja menjelaskan, beberapa faktor pendorong tumbuhnya ekonomi tahun depan, di antaranya konsumsi rumah tangga yang terjaga, optimisme pemulihan ekspor yang berkelanjutan, terutama komoditas dan belanja pemerintah yang stabil.

"Selain itu, posisi cadangan devisa yang lebih tinggi dan defisit transaksi berjalan yang terkendali diharapkan akan terus menjadi faktor-faktor pendukung utama bagi pertumbuhan ekonomi," kata Enrico di Jakarta, Rabu (3/10).

Enrico menuturkan, meskipun demikian geopolitik global masih menjadi tekanan perekonoman nasional. Pasalnya, kenaikan suku bunga The Fed dan perang dagang membuat investor bakal memangkas investasi ke pasar negara berkembang.

"Hal ini akan menyebabkan lebih banyak tekanan pada mata uang dari pasar negara berkembang, termasuk rupiah," imbuhnya.

Namun, kata dia, Indonesia dinilai tetap menjadi ladang investasi asing langsung yang menarik berdasarkan potensi pertumbuhan ekonomi dan fundamental yang kuat.

"Perekonomian dan reformasi struktural negara yang berdaya tahan tinggi juga menciptakan landasan kuat bagi kemajuan di masa depan," tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up