JawaPos Radar

Jurnalis di Malang Galang Dana untuk Korban Gempa Palu Usai Rapat DPRD

03/10/2018, 17:24 WIB | Editor: Budi Warsito
Jurnalis di Malang Galang Dana untuk Korban Gempa Palu Usai Rapat DPRD
Jurnalis Kabupaten Malang menggalang sumbangan untuk korban gempa di Palu. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Bencana gempa dengan kekuatan magnitude 7,4 SR dan tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, memantik kepedulian beragam pihak. Salah satunya, para jurnalis yang ada di Kabupaten Malang.

Para awak jurnalis melakukan penggalangan dana secara spontan, Rabu (3/10). Penggalangan dana ini dilakukan usai rapat di DPRD Kabupaten Malang.

Usai rapat, kotak sumbangan langsung beredar menghampiri para anggota dewan yang hadir. Ketua dan anggota DPRD, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) bahkan Bupati Malang, Rendra Kresna juga tampak merogoh koceknya dan menyumbangkan ke kotak sumbangan.

Hal tersebut langsung diapresiasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko. Menurutnya, kegiatan ini adalah hal yang baik. "Sebagai wujud kepedulian sosial sesama anak bangsa yang tentunya harus terus ditingkatkan," ujarnya, Rabu (3/10).

Senada dengan Ketua DPRD, Bupati Malang, Rendra Kresna juga merasa senang dengan aksi simpatik yang dilakukan para pewarta di Kabupaten Malang.

"Kepedulian sosial untuk kemanusiaan itu tidak terbatas oleh ruang. Dan para wartawan hari ini membuktikanya lewat aksi sosial peduli Palu, mereka telah menunjukan aksi nyatanya," terang Rendra.

Sementara itu Kordinator Aksi, Achmad Tauchid mengungkapkan, aksi jurnalis peduli ini bukan kali pertama. Sebelumnya, ketika gempa di Lombok beberapa waktu lalu, mereka juga sudah menggalang dana.

Saat itu, terkumpul dana sebesar Rp 10 juta. Sementara saat ini, terkumpul Rp 6 juta. "Mewakili teman-teman, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dan menyisihkan rejekinya. Juga kepada bupati yang mengizinkan kami melakukan aksi ini," katanya.

Penyaluran donasi menurut Tauchid akan dilakukan melalui PMI Kabupaten Malang. Dikatakannya, sama dengan aksi serupa Peduli Lombok yang juga disalurkan ke lembaga kemanusiaan itu.

"Karena mereka yang lebih mengerti kebutuhan apa yang diperlukan disana, semoga saja bermanfaat," pungkasnya.

Sebagai informasi, bencana dahsyat telah meluluh lantakkan Palu. Tepat di ujung senja kala saat warga tumplek blek di pinggir Pantai Talise, untuk merayakan hari jadi kota ini.

Usai gempa mengguncang Palu, tak berselang lama tsunami setinggi dua meter menerjang Pantai Talise. Hingga saat ini, jumlah korban meninggal dunia diperkirakan mencapai sekitar 1.000 jiwa. Ribuan lainnya luka-luka. Sementara itu, puluhan ribu warga mengungsi.

Tidak hanya diterjang tsunami dan diguncang gempa, Kota Kaledo itu juga mengalami fenomena tanah terbelah dan lumpur yang tiba-tiba saja menyembur.

Hingga saat ini bantuan terus dikirimkan, dari berbagai pihak. Hampir setiap hari TNI dan polisi mengirimkan bantuan juga personel.

(tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Kelangkaan BBM Mulai Teratasi 03/10/2018, 17:24 WIB
Akses ke Palu Makin Mudah 03/10/2018, 17:24 WIB
Pasar Manonda Palu Kembali Bergeliat 03/10/2018, 17:24 WIB
Jokowi Kerahkan Psikolog ke Sulteng 03/10/2018, 17:24 WIB
Gempa Sulteng, 2.736 Sekolah Rusak 03/10/2018, 17:24 WIB
TNI Kirim Tiga Pesawat ke Palu 03/10/2018, 17:24 WIB
TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng 03/10/2018, 17:24 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up