JawaPos Radar

Strategi Ridwan Kamil Atasi Kekeringan, Hemat Air Hingga Salat Istisqo

03/10/2018, 16:10 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Strategi Ridwan Kamil Atasi Kekeringan, Hemat Air Hingga Salat Istisqo
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil cari strategi atasi kekeringan di wilayahnya. (Dok. Humas Jabar)
Share this image

JawaPos.com - Indonesia dihadapi kemarau yang cukup panjang di musim ini. Beberapa wilayah pun terdampak kekeringan, seperti air sungai mengering, air waduk menyusut, dan lainnya. Jawa Barat salah satu wilayah yang terdampak di musim kemarau ini. Beberapa sungai mengering dan warga sulit mendapatkan air bersih.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengataka, wilayahnya mengalami masalah kekeringan. Terpantau dari pengamatan udara, sungai-sungai kering, Waduk Jatiluhur Purwakarta volume air turun sekitar lebih dari 8 meter, Waduk Jatigede Sumedang, pun sama.

"Ini imbauan, pertama tentunya kami harapkan warga untuk berhemat air semaksimal mungkin," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Rabu (3/10).

Kedua, Kang Emil sapaanya, sudah menginstruksikan kepada pihak PDAM untuk memberikan program tangki air. Karena tidak ada suplai air bersih yang memadai di Jabar lewat perpipaan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun tidak hanya menyajikan program atau strategi dalam menghadapi kekeringan, melainkan adanya imbauan untuk meminta kemudahan kepada sang pencipta. Kang Emil menyebut sudah berkoordinasi dengan MUI Jabar untuk menggelar Salat Istisqo atau salat meminta hujan, terkhusus wilayah Jabar.

"Kami dengan MUI mengajak masyarakat Salat Istisqo, urusan dunia kita carikan, urusan spiritual pun diusahakan. Mudah-mudahan kita bisa memaksimalkan ikhtiar kita," ujarnya.

Sementara itu, Dini Kamilani, warga Kota Bandung mengaku terdampak musim kemarau panjang kali ini. Selama dua bulan lebih, warga Holis ini harus membeli air bersih kepada tetangganya.

"Iya sudah dua bulan lebih susah air. Jadi mau mandi, masak, nyuci pun harus beli air ke tetangga yang jualan air, diakan pakai sumur bor," ucap Dini di Bandung.

Dia berharap Pemerintah Kota Bandung dan Pemprov Jabar bisa mendistribusikan air bersih secara merata. Sekaligus berdoa agar kemarau panjang ini cepat berakhir dan turun hujan.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up